Samarinda (ANTARA Kaltim) - Wali Kota Samarinda, Kaliminta lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) setempat ikut berpartisipasi mengawasi pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

"Sebagai lembagai strategis, saya berharap LPM ikut berpartisipasi dalam pengawasan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah," ungkap Wali Kota Syaharie Jaang saat membuka Musyawarah Kerja Daerah Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, di Samarinda, Rabu.

Sebagai salah satu mitra yang dipercaya dalam menggali pembangunan, keberadaan LPM, kata Syaharie Jaang, sangat dirasakan manfaatnya bagi Pemerintah Kota Samarinda, khususnya dalam percepatan pembangunan.

"Sedikit banyaknya yang dilakukan teman-teman yang terlibat dalam LPM saat berada di lapangan, sangat membantu sekali pada pelaksanaan pembangunan yang dilakukan oleh Pemkot Samarinda," katanya.

Selama empat tahun menjabat sebagai Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang mengatakan, miliaran rupiah yang digelontorkan perusahaan melalui program CSR, merupakan hasil kerja sama dengan LPM untuk membangun fasilitas warga, mulai dari tempat ibadah, kesehatan hingga tempat pendidikan.

Pada kesempatan tersebut, Syaharie Jaang menyampaikan terima kasih kepada pengurus LPM, mulai di tingkat kelurahan hingga kecamatan yang dianggap telah membantu pemerintah dalam menyukseskan keberhasilan pembangunan di Kota Samarinda.

"Semoga, musyawarah yang digelar hari ini (Rabu) setidaknya menjadi bahan evaluasi terhadap program yang telah dijalankan. Terpenting, melalui musdaker ini juga pengurus dapat menghasilkan program kerja yang akan dijalankan tahun depan," ujar Syaharie Jaang.

Sementara, Ketua LPM Kota Samarinda Hamka Alex mengatakan, musyawarah yang digelar itu merupakan bagian dari evaluasi seberapa besar peran LPM di tengah masayarakat saat ini.

Mengingat, kata dia, ke depan masih banyak tantangan yang memerlukan pemikiran untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi pemerintah melalui fasilitasi maupun dukungan dari LPM itu sendiri.

"Semoga ke depan, ada potensi yang bisa dikembangkan melalui program yang bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Samarinda," ungkap Hamka Alex.    (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014