Samarinda (ANTARA Kaltim) - Anggota perpustakaan yang dikelola Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur hingga kini masih didominasi oleh kalangan mahasiswa, dari total 82.342 anggota, sebanyak 52.483 orang di antaranya dari kelompok mahasiswa.

"Dalam keanggotaan di Banpusprov, kami mengelompokkan tujuh jenis anggota, yakni anggota dari kelompok umum, pegawai/karyawan, dosen/guru, mahasiswa, pelajar SLTA, SLTP, dan kelompok pelajar SD/TK," ujar Kepala Bidang Informasi dan Otomasi Banpusprov Kaltim, Taufik di Samarinda, Senin.

Berada di urutan kedua setelah mahasiswa adalah kelompok pegawai atau karyawan yang sebanyak 7.483 orang, kelompok pelajar SLTA sebanyak 6.061 anggota, kelompok umum sebanyak 5.599 anggota, pelajar SD/TK sebanyak 5.055 anggota, dosen/guru sebanyak 3.373 orang, dan dari kalangan pelajar SLTP 2.288 orang.

Sedangkan untuk jumlah pengunjung, ujar Taufik yang didampingi Kasubbid Layanan Karya Rekam dan IT E Mustika Wati, tiap bulan jumlah pengujungnya berfluktuasi karena tergantung pada kebutuhan masing-masing anggota.

Dia mencontohkan, apabila pengunjungnya mahasiswa, biasanya yang paling banyak adalah ketika mendekati semester atau saat semester, baik semester genap maupun semester ganjil yang jumlah pengunjungnya total bisa mencapai 1.500 orang per hari mulai pelajar hingga umum.

Sedangkan jika bukan musim semester, kata dia, jumlah pengunjungnya bisa menurun. Tetapi penurunan jumlah pengunjung juga terkadang akibat dari semakin majunya teknologi, yakni pengguna informasi cukup membuka internet dan mendapatkan literatur yang diinginkan.

Seperti yang tercatat dalam kunjungan di Banpusprov pada Oktober 2014 yang menurun karena tidak musim semester dan akibat kemajuan teknologi, yakni total jumlah pengunjungnya sebanyak 17.282 orang mulai kalangan dosen, mahasiswa hingga pelajar.

Rinciannya adalah pengunjung umum sebanyak 724 orang, pengunjung dari kelompok pegawai atau karyawan swasta sebanyak 731 orang, dari kalangan dosen dan guru sebanyak 327 orang, kelompok mahasiswa merupakan pengunjung tertinggi dengan jumlah 14.390 orang.

Kemudian dari kelompok pelajar SLTA sebanyak 594 pengunjung, kelompok pelajar SLTP sebanyak 194 pengunjung, dan dari kelompok TK dan SD terdapat 322 pengunjung.    (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014