Samarinda (ANTARA Kaltim) – Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Komunikasi dan Informatika (Disparrekkominfo) Kota Samarinda, HM Faisyal  SSos, MSi mengatakan promosi budaya Kalimantan Timur (Kaltim) oleh tim kesenian Samarinda mendapat sambutan antusias  dari para wisatawan  manca  negara yang berkunjung ke Bali .

"Tim Kesenian Samarinda  tampil pada tanggal 10 dan 11 Nopember  selama  dua jam  di dua lokasi sunset yang paling disuka  di Bali, yakni di panggung outdoor discovery mall pantai kuta dan konderatu suites pantai jimbaran sebagai  pra event  Timeless Indonesia Festival,' kata nya di Samarinda.

Ia mengatakan  pada  dua lokasi tersebut  ditampilkan  dua jenis tarian yakni tarian pesisir dan pedalaman dengan masing-masing dua tarian yang berbeda, yakni tari belayun  dan tari tajong Samarinda,  sementara untuk  tari pedalaman  menampilkan tari Doh Ningaan dan tari hudoq,

Tarian yang ditampilkan   outdoor di saat sunset di sentral utamanya,  menarik perhatian banyak  turis terutama di Pantai Kuta,  mereka  tak berajak hingga usai  penampilan ,  bahkan  para turis turut serta menari  hudoq.

Selama  pertunjukan berlangsung para duta wisata kota Samarinda membagikan brosur tentang seputar kota Tepian Samarinda sambil menjelaskan beberapa hal untuk menarik kunjungan wisatawan,

Faisal menjelaskan  diawal penampilan diisi  dengan tampilan musik  tingkilan  disertai   lagu-lagu daerah  dan  lagu barat,  sekaligus  diperagakan  busana modern  yang dirancang oleh designer  Wahyu Rachman.

Peragaan busana  yang berbahan  dan motif  sarung samarinda hasil  karya designer Samarinda  itu diperagakan oleh para model  dari Bali.

“Beberapa  busana motif sarung samarinda  yang diperagakan  para  model telah dibeli langsung  usai acara  oleh para pengunjung ,  bahkan beberapa  pengunjung  telah memesan khusus  kepada  designer Wahyu Rachman,” ujar Faisal.(*)

Pewarta: Rachmad

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014