Samarinda (ANTARA Kaltim) - Empat pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Provinsi Kaltim masa jabatan 2014-2019 yakni ketua dan tiga wakil ketua akan dilantik hari ini (23/10).

 Pelantikan melalui Rapat Paripurna Istimewa Pengucapan Sumpah/Janji Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kaltim Masa Jabatan 2014-2019. Pengucapan sumpah/janji di Gedung Utama DPRD Kaltim Jalan Teuku Umar Karang Paci akan dipandu Kepala Pengadilan Tinggi Kaltim.

Para pimpinan DPRD Kaltim tersebut antara lain Ketua DPRD Syahrun HS dari Fraksi Golkar dan tiga wakil ketua, yakni Dody Rondonuwu dari Fraksi PDI Perjuangan, Henry Pailan Tandi Pajung dari Fraksi Gerindra dan Andi Faisal Assegaf dari Fraksi Demokrat.

Berkait pelantikan, Sekretariat DPRD Kaltim selaku panitia pelaksana pengambilan sumpah/janji, Rabu (22/10) melakukan simulasi jalannya acara pengambilan sumpah/janji pimpinan definitif yang telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri.

“Berbagai persiapan termasuk final pada geladi bersih alhamdulillah sudah kami laksanakan. Harapannya paripurna istimewa besok bisa berjalan lancar. Berdasarkan aturan dan yang termuat dalam SK Mendagri, pimpinan DPRD Kaltim ini masa jabatannya terhitung sejak tanggal pelaksanaan pengucapan sumpah/ janji,” kata Achmadi usai menggelar geladi bersih.

Sementara ditemui di ruang kerjanya, Ketua DPRD Kaltim Sementara M Syahrun yang akan dilantik sebagai ketua DPRD Kaltim definitif mengutarakan harapannya terhadap kerja dewan.

Bahwa upaya mengoptimalkan kerja dewan sudah dilaksanakan, salah satunya berupaya mempercepat pembentukkan alat kelengkapan DPRD Kaltim. Komposisi anggota di alat kelengkapan telah diumumkan dalam rapat paripurna ke 3, Selasa malam (21/10).

Hal itu menurutnya, baik penetapan pimpinan definitif dan pembentukan alat kelengkapan dewan demi memenuhi harapan masyarakat terhadap lembaga wakil rakyat ini.

“Besok siang juga (siang ini, Red) untuk mempercepat pembentukan alat kelengkapan DPRD Kaltim agar fungsi kedewanan secara bertahap dapat dijalankan, dijadwalkan pariurna badan anggaran dan badan musyawarah,” ungkapnya.

Terpisah calon wakil ketua dari Fraksi  Demokrat, Andi Faisal Assegaf mengatakan akan segera melaksanakan tugas sebagai pimpinan dewan yang mendukung aspirasi rakyat ke depan. "Sebagai wakil rakyat tentunya kami akan mengabdi pada rakyat dalam hal ini warga," katanya usai mengikuti geladi bersih.
 
Pelantikan tersebut rencananya akan dihadiri oleh pejabat struktural satuan kerja perangkat daerah, perwakilan partai dan organisasi masyarakat. (Humas DPRD Kaltim/adv/lia/lin/oke)




Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014