Samarinda(ANTARA Kaltim) - Sejumlah Anggota DPRD Kaltim dan pejabat struktual Sekretariat Dewan, terlihat memadati ruangan pertemuan lantai I di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Senin (20/10) kemarin bertujuan mengikuti pelatihan “great leadership” yang diselenggarakan Setwan berkerjasama dengan Emotional Spiriual Quotion (ESQ).

Ketua sementara DPRD Kaltim HM Syahrun menuturkan bahwa diselenggarakannya acara ini bertujuan untuk memberikan pembekalan terhadap pembentukan karakter serta bagaimana menjadi pemimpin yang baik dengan menggabungkan tiga kecerdasan yakni otak, emosional, dan spiritual.

“Kegiatan semacam ini dinilai penting terlebih seluruh anggota dewan masih terhitung baru dilantik sehingga perlu diberikan pembekalan, kendati harus diakui bahwa tanpa mengurangi sedikitpun kapasitas dari masing-masing anggota dewan, namun guna lebih memberikan bekal guna menunjang kinerja kedepan,” tutur Syahrun.

Ia mengatakan sebagai wakil rakyat, memikul beban yang berat karena tidak hanya bertanggung jawab kepada masyarakat tetapi juga kepada Tuhan Yang Maha Esa, oleh sebab itu dibutuhkan kehati-hatian dan pembekalan cukup guna menyelesaikan segala tugas dan kewajibannya.

“Diharapkan nantinya segala pembekalan yang didapat pada pertemuan ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik sebagai wakil rakyat akan tetapi juga sebagai wakil Tuhan dimuka bumi dengan segala bentuk tanggungjawabnya,” tegasnya.

Beberapa aspek yang perlu diterapkan dalam keseharian pasca anggota dewan mengikuti training ESQ di antaranya sikap disiplin, bekerja keras dan visioner. "Sikap disiplin dan visioner akan menjadi modal penting bagi anggota dewan dalam melaksanakan tugas," ujarnya.

Sementara itu pendiri ESQ Leadership Center, Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian dalam penyampaian materinya mengatakan tugas wakil rakyat sangat berat namun sangat mulia baik di dunia dan akhirat. Untuk itu yang dibutuhkan bukan hanya cerdas secara intelektual namun juga spiritual yang mencakup akhlak dan budi pekerti.


“ESQ merupakan satu rangkaian program yang bagus bagi seluruh orang tidak terkecuali anggota dewan. Dengan kegiatan semacam ini tentunya dapat mendorong bagi seluruh dewan yang berbeda latar belakang termasuk warna partai untuk bisa menyatukan visi dan misi melalui kerjasama dan mementingkan kepentingan masyarakat luas sehingga bisa menciptakan masyarakat yang adil dan sejahtera,”ucap Ginanjar.

Menurutnya, tantangan terbesar ke depan adalah kita memerlukan keteladanan dari para pemimpin bangsa, baik dalam moral, integritas dan dedikasinya, bagi upaya membangun bangsa yang maju, berbudaya, dan mandiri. Program ESQ diharapkan mampu menstimulasi dan memberikan pencerahan bagi upaya memperkuat komitmen membangun bangsa yang lebih bermoral dengan landasan spiritual. (Humas DPRD Kaltim/adv/bar/dhi)







Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014