Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur resmi menetapkan unsur pimpinan periode 2024-2029 dalam Rapat Paripurna yang digelar di Gedung DPRD Kaltim, Samarinda, Kamis.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kaltim yang ditetapkan Hasanuddin Mas'ud menyampaikan rasa terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Ia berkomitmen untuk menjalankan tugas dan fungsi DPRD dengan baik, meliputi legislasi, penganggaran, hingga pengawasan.

"Kami berusaha agar semua keputusan dan kebijakan yang diambil mencerminkan aspirasi masyarakat dan mendukung program pembangunan berkelanjutan di Kaltim," ujar Hasanuddin.

Hasanuddin kembali ditetapkan sebagai Ketua DPRD Kaltim. Sementara itu, posisi Wakil Ketua DPRD Kaltim diisi oleh Ekti Imanuel, Ananda Emira Moeis, dan Yenni Eviliana.

Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur Nyoman Gede Wirya turut memimpin prosesi pengambilan sumpah dan penandatanganan berita acara penetapan pimpinan DPRD Kaltim tersebut.

Hasanuddin juga menekankan pentingnya kerjasama semua pihak, termasuk legislatif, eksekutif, dan masyarakat, dalam membangun Kaltim. Ia menyoroti tiga indikator penting dalam pembangunan daerah, yaitu kesehatan, pendidikan, dan ekonomi.

"Ke depan tantangannya banyak, termasuk keberadaan IKN. Namun, dengan kebersamaan dan persatuan, saya yakin Kaltim akan lebih adil, sejahtera, dan makmur," tambahnya.

Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik mengucapkan selamat kepada pimpinan DPRD Kaltim yang baru saja dilantik. Ia berharap agar amanah yang diemban dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, integritas, dan keikhlasan.

Akmal menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara DPRD dan pemerintah provinsi dalam menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan.

Ia juga mengajak seluruh jajaran pimpinan dan anggota DPRD untuk bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan visi pembangunan berkelanjutan.

"Kaltim memiliki potensi yang luar biasa dan potensi ini akan berkembang optimal apabila didukung dengan kebijakan yang progresif, inovatif, serta kerjasama yang baik antara DPRD dan pemerintah daerah," ujarnya.

Akmal juga menyoroti peran penting DPRD dalam mengawal pelaksanaan Pilkada serentak 2024. Ia berharap agar DPRD dapat melaksanakan fungsi pengawasan dengan baik, mulai dari tahap persiapan hingga penetapan hasil pilkada nanti.

"Semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan dan pertolongan kepada kita semua dalam rangka membangun Kaltim dan Indonesia menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang," tutur Akmal Malik.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024