Satuan Tugas Tentara Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke- 122 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, tetap antusias membangun jalan dan jembatan di kawasan pertanian meski cuaca hujan, demi untuk ketahanan pangan daerah.
 
"Selama sepekan ini kami terus melaksanakan perbaikan jalan dan pembangunan jalan di kawasan pertanian meski terkadang hujan karena sekarang sudah masuk musim hujan, namun kami tetap antusias," ujar anggota Satgas TMMD ke-122 Kukar Serka Suhandoyo di Kerta Buana, Kamis.
 
TMMD ke-122 oleh Kodim 0906/ Kukar ini dipusatkan di Desa Kerta Buana, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kukar, karena desa ini merupakan sentra pertanian produktif, tetapi sarana dan prasarana pertanian kurang optimal.
 
Secara keseluruhan desa tersebut memiliki sekitar 396 petak sawah produktif, belum termasuk lahan perkebunan, sedangkan produksi padi sawah selama ini masih mengharapkan tadah hujan, sehingga dengan adanya TMMD yang selain membangun jalan dan jembatan, namun juga irigasi, diharapkan produksinya meningkat.
 
Sejumlah pekerjaan fisik yang berfokus pada program ketahanan pangan di Desa Kerta Buana adalah peningkatan jalan usaha tani sepanjang 3.200 meter, 12 unit jembatan penghubung kawasan pertanian, 14 jenis gorong-gorong, dan satu unit bendungan untuk irigasi.
 
Kemudian terdapat sasaran fisik tambahan berupa tiga unit sumur bor untuk masyarakat, empat sumur bor untuk kawasan pertanian, dan tiga unit rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) menjadi layak huni.
 
"Pembangunan sejumlah infrastruktur untuk pertanian termasuk jembatan ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi para petani yang selama ini kesulitan dalam membawa hasil pertanian. Dalam TMMD Kodim 0906/ Kukar ini, partisipasi aktif warga juga menjadi salah satu faktor penting guna kelancaran pelaksanaan program," katanya.
 
Dalam TMMD tersebut warga desa dan para anggota kelompok tani terlihat antusias membantu prajurit TNI dalam setiap kegiatan, salah satunya adalah pembuatan jembatan ukuran 4×2 meter di daerah Bedugul, Desa Kerta Buana.
 
Sementara dalam giat di Dusun Rapa Rejo RT 6 yang juga di Desa Kerta Buana, Satgas TMMD ke-122 ini melakukan pembongkaran jembatan lama yang juga di kawasan pertanian, untuk diganti dengan struktur jembatan yang lebih layak, karena jembatan lama mengalami penurunan fungsi signifikan.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024