Samarinda (ANTARA Kaltim) - Tiga siswa dari jenjang SD hingga SLTA di Kalimantan Timur siap mengikuti Kuis Kihajar (Kita Harus Belajar) tingkat nasional di Jakarta.

"Tiga siswa yang siap ke Jakarta itu karena telah menjadi juara 1 Kuis Kihajar tingkat Kaltim beberapa hari lalu. Kini mereka terus belajar dan meningkatkan pengetahuan agar bisa bersaing secara nasional," ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim H Musyahrim di Samarinda, Sabtu.

Kuis diselenggarakan pada November mendatang, setelah mereka dinyatakan menjadi juara pertama tingkat Provinsi Kaltim.

Tiga siswa yang siap berlaga di tingkat nasional itu, yaitu pada tingkat SD atas nama Zenine Charolin Sinungga dari SD YPPSB 2 Sangata, Kabupaten Kutai Timur.

Kemudian pada tingkat SLTP atas nama Agung Ramadhan dari SMP N I Kota Samarinda dan untuk jenjang SLTA diraih oleh Vicky Asnawi dari SMAK Tunas Kasih, Kota Tarakan.

Para peserta Kuis Kihajar tingkat Provinsi Kaltim adalah semua juara pertama dalam kuis yang sama di tingkat kabupaten maupun kota.

Dalam Kuis Kihajar tingkat Kaltim 2014 ini, diikuti 33 siswa peraih juara I dari lomba yang sama di tingkat kabupaten maupun kota, dengan rincian sembilan daerah dari Provinsi Kaltim dan dua daerah dari Provinsi Kaltara, yakni Kabupaten Bulungan dan Kota Tarakan.

Salah satu tujuan diadakannya Kuis Kihajar adalah dengan pendidikan berbasis Informasi Teknologi (IT), dapat menjadi sumber belajar dan mengembangkan pengetahuan siswa dari bakat masing-masing.

Lomba ini dilaksanakan secara online dengan soal yang semuanya dari server Telkomdik. Masing-masing peserta menerima soal yang berbeda-beda dan untuk menjawabnya diberikan waktu 30 menit untuk 20 soal yang dikerjakan menggunakan laptop maupun personal computer (pc).

Pada Kuis Kihajar tingkat Kaltim ini, total uang pembinaan yang diberikan oleh panitia mencapai Rp30 juta dan diberikan kepada tiga siswa juara pertama, tiga siswa juara kedua, dan tiga siswa juara ketiga.

Rinciannya adalah, masing-masing juara pertama baik jenjang SD maupun SLTA mendapatkan Rp4 juta, kemudian masing-masing juara dua mendapat uang pembinaan Rp3,5 juta, dan masing-masing juara tiga mendapat hadiah Rp2,5 juta.    (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014