Pada hari ketiga mengikuti pameran jasa keuangan Finansial Expo (FinExpo) 2024 yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di mal Pentacity, Balikpapan, 2-6 Oktober, perusahaan jasa pembiayaan Mandiri Utama Finance (MUF) sudah mendapat 11 debitur baru.

“Untuk pembiayaan pembelian 9 unit mobil baru dan 2 unit motor, senilai lebih kurang Rp4 miliar,” kata Kepala Divisi Regional Kalimantan MUF Sampurno Aji, Minggu.

Jumlah tersebut, sudah lebih dari separo target transaksi selama pameran. Satu unit kendaraan sendiri bisa mendapatkan pembiayaan maksimal Rp500 juta.

MUF adalah anak usaha PT Bank Mandiri (Persero), dan membiayai pembelian unit kendaraan, baik baru maupun bekas. MUF juga membiayai berbagai kebutuhan dengan fasilitas kredit multiguna.

“Kredit ini bisa dimanfaatkan teman-teman pengusaha UMKM,” lanjut Aji. Selama pameran disediakan hingga Rp50 miliar dana untuk UMKM yang memerlukan.  

Pada saat yang sama Sekretaris Perusahaan dan Kepala Divisi Legal MUF Elisabeth Lidya Sirait juga menyampaikan bahwa Balikpapan merupakan satu kota dengan potensi pertumbuhan penyaluran pembiayaan yang baik. Pada 2024 ini MUF sudah menyalurkan kredit hingga Rp173,3 miliar, yang adalah 18,2 persen dari total penyaluran kredit di seluruh Kalimantan.

Sebab itulah, tambah Elizabeth, MUF berpartisipasi dalam FinExpo 2024, untuk turut mendukung program inklusi keuangan dan menyediakan informasi yang transparan akan layanan dan produk MUF.

“Momentum ini merupakan kesempatan yang baik bagi kami untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat dan membantu masyarakat memahami lebih jauh tentang layanan keuangan yang kami tawarkan,” papar Elizabeth.

Menurut Elizabeth, pihaknya percaya bahwa edukasi keuangan adalah langkah penting menuju kesejahteraan ekonomi. Edukasi keuangan akan membuka peluang masyarakat pada akses keuangan dan permodalan, yang akan membuat masyarakat lebih produktif, dan pada gilirannya akan membuat masyarakat lebih sejahtera.

Selama pameran, MUF buka dua lapak, yaitu lapak pembiayaan konvensional dan lapak syariah. Sebagai bentuk kegiatan literasi, MUF menggelar acara bincang-bincang berjudul Menuju UMKM Naik Kelas: Salurkan Pembiayaan Wujudkan Produktivitas Tanpa Batas dan kuis mengenai seluk beluk pembiayaan syariah. 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024