Samarinda (ANTARA Kaltim) - Anggota DPRD Kaltim Marthinus mengimbau warga Kaltim terutama daerah yang terkena bencana kabut asap untuk waspada terhadap penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Hal tersebut disampaikannya terkait kabut asap yang melanda berbagai kabupaten/kota di Kaltim salah satunya Kutai Barat (Kubar) yang warganya dikabarkan mulai terserang penyakit  tersebut.

“Berdasarkan informasi yang kami terima dari sejumlah Puskesmas, sudah banyak warga yang datang berobat dan umumnya mengeluhkan penyakit pernapasan,” ungkap wakil rakyat asal daerah pemilihan Kukar-Kubar ini.

Untuk itu dia mengimbau agar warga Kaltim terutama daerah yang dilanda kabut asap untuk segera memeriksakan kesehatannya di Puskesmas maupun rumah sakit terdekat sebagai bentuk kewaspadaan.

“Peran pemerintah dari tingkat lurah maupun camat juga diharapkan melakukan antisipasi terkait dampak kabut asap yang terjadi di wilayahnya,” ucap politikus PDI Perjuangan ini.

Marthinus menguraikan, kabut asap yang melanda Kabupaten Kubar sudah berlangsung selama sepekan. Hingga kini kondisnya bertambah parah dengan jarak pandang terus bertambah turun hingga 200-300 meter.

“Demi keamanan lalu lintas, diimbau bagi pengendara untuk menyalakan lampu kendaraannya dan menggunakan masker saat berkendara,” urainya. (Humas DPRD Kaltim/adv/lin/dhi/oke)


Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014