Penjabat sementara Bupati Kutai Kartanegara (Pjs Bupati Kukar), Kalimantan Timur, Bambang Arwanto membacakan ikrar menyatakan setia dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, saat upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2024 di halaman Kantor Bupati Kukar, Selasa.

Ikrar yang dibacakan oleh Bambang Arwanto itu merupakan ikrar dari Ketua DPR RI Puan Maharani. Ia membaca ikrar ini saat bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan tersebut.

"Hari Kesaktian Pancasila harus dijadikan momentum untuk merefleksikan diri tentang nilai-nilai yang membuat bangsa ini tetap teguh dan bersatu karena dengan Pancasila, kita belajar untuk menghargai perbedaan dan bersatu demi keutuhan NKRI," ujar Bambang di Tenggarong, Selasa.

Adapun ikrar yang ia baca adalah "Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri terhadap NKRI".

"Bahwa Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara".

"Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI maka hari ini di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila".

"Kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan, demi keutuhan NKRI".

Upacara tersebut diikuti unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Kabupaten Kukar Sunggono dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah dan kepala bagian, serta pejabat administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kukar, dan pimpinan instansi vertikal.

Sedangkan peserta upacara, antara lain personel dari Kodim 0906/ Kukar, Polres Kukar, dan aparatur sipil negara (ASN) setempat, yakni barisan Korpri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, dan barisan pelajar.

Selain membaca ikrar, Pjs Bupati Kukar juga memimpin mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila yang ditirukan peserta upacara, dan pembacaan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara 1945.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024