Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, menjadwalkan pengundian nomor urut Calon Bupati dan Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) pada 23 September 2025, untuk mempermudah masyarakat menentukan pilihan berdasarkan nomor urut.

Terdapat tiga pasang Cagub – Cawabup Mahakam Ulu yakni Novita Bulan yang berpasangan dengan Artya Fathra Marthin, Yohanes Avun berpasangan dengan Y Juan Jenau, dan Owena Mayang Shari Belawan berpasangan dengan Stanislaus Liah.

"Pengundian nomor urut untuk pasangan calon (paslon) dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) merupakan langkah penting dalam memastikan transparansi dan keadilan dalam tahapan pesta demokrasi," kata Ketua KPU Kabupaten Mahakam Ulu Paulus Winarno Hendratmukti di Long Bagun, Mahakam Ulu, Kaltim, Minggu.

Pengundian nomor urut paslon dilakukan secara acak untuk memastikan keadilan dalam proses pemilihan. Setiap paslon akan menerima nomor urut yang akan digunakan dalam setiap kegiatan kampanye dan pada kertas suara saat pemilihan.

“Nomor urut ini penting karena akan mempengaruhi cara masyarakat untuk mengenali masing-masing paslon, sekaligus sebagai pengingat bagi pemilih saat pencoblosan di TPS pada 27 November 2024,” katanya.

Ia ingin memastikan bahwa seluruh proses pengundian berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan, sehingga tahapan undi nomor urut mendatang akan dihadiri oleh semua pasangan calon serta perwakilan dari berbagai pihak terkait.

"KPU Mahakam Ulu berkomitmen untuk menjaga integritas dan objektivitas dalam setiap tahapan pemilihan, guna memastikan hasil yang adil dan demokratis," katanya lagi.

Ia juga mengatakan bahwa tiga paslon Cabup-Cawabup tersebut semuanya telah memenuhi syarat dan dinyatakan lolos menjadi peserta Pilkada Mahakam Ulu berdasarkan hasil verifikasi.

Hari ini (Ahad) KPU Mahakam Ulu juga mengumumkan visi dan misi para paslon, sehingga masyarakat maupun calon pemilih setempat dapat melihat dan menilai paslon mana yang cocok dan sesuai dengan visi misi hingga program kerja masing-masing, sehingga melalui ini masyarakat bisa menentukan siapa yang akan dipilih.

"Pengumuman visi dan misi ini tentu juga berkaitan dengan semua program yang direncanakan oleh tiga paslon, kemudian akan diterapkan selama kepemimpinan lima tahun ke depan bagi paslon terpilih pada kontestasi Pilkada Mahakam Ulu 2024," kata Winarno.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024