PT. Pama Persada Nusantara site Baya (Pama Baya) bekerjasama dengan Koperasi Bina Tani Jaya menggelar pelatihan pemasaran bagi UMKM modern agar mampu bersaing dalam menjual produk-produknya.

“Pelatihan ini  bertujuan  agar peserta pelatihan mampu memahami konsep-konsep promosi, dan menemukan jaringan pemasaran yang lebih besar dan modern.  Sehingga  produk mereka makin dikenal semua lapisan masyarakat  dan  dapat meningkatkan  profit penjualan produknya,” kata Edwan Akhrizani mewakili pihak Manajemen PT Pama Baya di Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara.

Ia mengatakan pelatihan pemasaran tersebut diikuti sebanyak  27 UMKM  yang merupakan binaan PT. Pama Persada Nusantara site Baya (Pama Baya).

Edwan menjelaskan dalam Koperasi Bina Tani  terdapat 27 UMKM  berasal dari lima desa  yang merupakan binaan perusahaan Pama Baya. Para pelaku UMKM tersebut nantinya  menjalin kemitraan dengan pasar modern seperti swalayan.

Oleh karena itu mereka perlu dilatih untuk mengetahui dan mempelajari syarat dan ketentuan sehingga produk  UMKM mereka  bisa dipasarkan  di pasar modern. Para pelaku UMKM harus mengetahui  cara packaging yang baik dan cara pemasaran,  sehingga memiliki daya tarik dan  diminati masyarakat.

“Kami juga mewadahi produk-produk mereka untuk  dipasarkan melalui  Gallary Pama Grup yang berada di Bandara APT Pranoto Samarinda dan Bandara Sepinggan Balikpapan,” katanya.

Edwan menegaskan bahwa  pihak perusahaan selalu berperan aktif dalam mengembangkan UMKM terutama di desa-desa  yang  menjadi binaan PT Pama Baya.

Sejumlah peserta pelatihan pemasaran bersama aparat desa dan pihak perusahaan Pama Baya  melakukan swafoto (Antara Kaltim/HO-Pama Baya)

Sementara itu Ketua Koperasi Bina Tani Mujiati menambahkan bahwa pelatihan bagi anggota Koperasi  diharapkan produk mereka semakin dikenal dan diminati khalayak dan dapat meningkatkan profit penjualan.

“Pelatihan pemasaran ini menghadirkan narasumber Bapak  Selamat dari salah satu toko swalayan lokal  yang berada di BPU Desa Bukit Pariaman, Tenggarong Seberang,” katanya.

Selain itu pelatihan juga dihadiri perwakilan Kecamatan Tenggarong Seberang,  dari  Dinas  Pemberdayaan Masyarakat Desa  Kukar Bapak  Sukamadeyanto  dan Sri Kumoro Mariniharsi, Sekretaris Desa Bukit Pariaman  Samijan dan  pengurus serta pengawas Koperasi Bina Tani Jaya Bersama.

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada  perusahaan  Pama Baya yang telah menggagas agar anggota Koperasi Bina Tani Jaya  dapat meningkatkan perekonomian  dengan mengadakan berbagai pembinaan, salah satunya  pelatihan pemasaran bagi pelaku UMKM  di Tenggarong Seberang,” kata Sukamadeyanto.

Menurutnya peran koperasi dalam meningkatkan keluarga di masyarakat  sudah banyak dirasakan anggotanya.   SDM salah satu potensi yang harus di dukung dari pihak desa  disamping kelembagaannya.

 “Koperasi telah membina UMKM  adalah awal yang baik, ini yang pemerintah harapkan. Kami juga berharap  CSR Pama Baya lebih intens membina masyarakat dengan program  program pemberdayaan ekonomi agar mereka bisa berkembang hingga pasca tambang,” harapnya.

 Sekretaris  Desa Bukit Pariaman  Samijan menambahkan bahwa  pelatihan  UMKM  menjadi opsi Pemerintah Desa dalam  mengoptimalkan  dan membangkitkan kembali pertumbuhan perekonomian warga.

“Dalam upaya  meningkatkan daya saing di pasar modern melalui koperasi  yang ada sebagian besar adalah warga Desa Bukit Pariaman,” katanya.

Pewarta: Saniyya

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024