Wali Kota Samarinda Andi Harun mengejar penyempurnaan taman di Teras Samarinda sebagai ikon andalan tepian sungai Mahakam menjelang pembukaannya yang direncanakan sekira pekan depan.
 
Dalam peninjauan yang dilakukan di Teras Samarinda, Rabu, Wali Kota Andi Harun meminta beberapa pekerjaan minor untuk segera diselesaikan.
 
"Saya meminta beberapa hal yang bersifat sangat minor untuk diselesaikan, seperti pemasangan rumput di pinggiran taman yang belum sempurna karena pernah ada galian. Ini perlu disempurnakan penghijauannya," ujar dia.
 
Selain itu, Andi Harun juga menyoroti adanya beberapa genangan air di lantai taman. Ia meminta pekan ini untuk diperbaiki elevasinya sehingga air tidak menggenang pada titik tertentu.
 
"Walaupun genangannya sedikit, tetap saja mengganggu pemandangan," ucapnya.
 
Andi Harun melanjutkan, beberapa tanaman yang sebelumnya ditanam lalu mati juga diminta untuk segera diganti.
 
"Kita cek aspal di pinggir jalan sudah dilaksanakan. Namun, tadi ditemukan aliran air meski kecil, sehingga saya minta dicek lagi seperti apa sebabnya," kata Andi Harun.
 
Ia menegaskan bahwa semua permintaan ini harus diselesaikan sebelum pembukaan. Beberapa perbaikan minor yang menjadi perhatiannya, seperti rumput taman, pengecatan ulang bekas acian, dan pengecekan sirkulasi air agar berjalan lancar dan debit yang cukup untuk sanitasi toilet, harus segera dikerjakan.
 
Andi Harun juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan taman.
 
"Kami menyediakan tempat sampah sehingga masyarakat bisa mulai belajar disiplin membuang sampah di tempat yang telah ditentukan. Suasana di sini harus nyaman dan aman," ujarnya.
 
Tim yang terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga telah disiapkan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan taman.
 
"Tim ini akan siaga sewaktu-waktu jika dibutuhkan," kata wali kota.
 
Pembukaan Teras Samarinda direncanakan pada hari Senin sore, namun Wali Kota Andi Harun berharap semua pekerjaan selesai sebelum hari Senin (9/9).
 
Berikutnya, ia menyoroti fasilitas parkir juga sudah disiapkan di lokasi dekat Teras Samarinda.
 
Andi Harun juga mengingatkan bahwa kawasan yang terletak di Jalan Gajah Mada, berseberangan dengan Kantor Gubernur Kaltim ini kerap menimbulkan kemacetan, sehingga pembukaan harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak mengganggu kepentingan masyarakat.
 
"Ini adalah milik seluruh warga masyarakat. Kita harus mulai partisipasi dalam menjaga dan memelihara taman ini," demikian Andi Harun.*

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024