Penajam (ANTARA Kaltim) - Pelaksanaan mutasi di Kabupaen Penajam Paser Utara masih menunggu evaluasi dari tim verifikasi dari provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terkait lembaga pemerintahan yang baru dibentuk sehingga mutasi kemungkinan akan terealisasi pada 2015. 
     
"Sementara ini, kami masih menunggu hasil evaluasi dari tim verifikasi dari provinsi Kaltim terkait lembaga pemerintahan yang baru dibentuk itu, jadi belum bisa lakukan mutasi dan kemungkinan 2015 agar mudah penyusuaiannya," ungkap Sekkab Penajam Paser Utara Tohar, Jumat.

Lembaga yang baru terbentuk tersebut kata dia, diantaranya Kantor Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Badan Lingkungan Hidup, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kantor Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

Menurut Tohar, ketika hasil evaluasi dari provinsi sudah ada, maka pemkab akan mudah menghitung jumlah struktural kelembagaan yang belum terisi. 

"Kalau mutasi dilakukan sebelum ada hasil dari tim verifikator, dinilai tanggung. Karena disitulah kita bisa menghitung jumlah struktural yang ada dan yang belum terisi secara personel," katanya. 

"Apalagi sekarang triwulan ketiga, kalau kita isi tanggung. Jadi sebelum 2015 struktur itu sudah terisi dan setelah itu sudah bisa menyusun program kegiatan, jadi mutasi 2015 karena kita bingung untuk melakukan mutasi periode ini," ungkap Tohar.

Tohar menjelaskan, tim evaluasi dari provinsi menyoroti terkait keputusan DPRD yang menetapkan Kominfo menjadi Kantor. 

Berdasarkan kajian dari provinsi kata dia, bahwa Kominfo layak dibentuk menjadi dinas karena Kominfo memiliki tugas yang sangat penting.

“Ketika dikonsultasikan di provinsi, tim evaluasi mempertanyakan itu karena Kominfo memiliki urusan penting atau wajib dibentuk dinas. Kami belum menerima pernyataan tertulis masih sebatas pernyataan lisan,” ujarnya.     (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014