Jajaran Pemerintah Kota Balikpapan menyaksikan siaran langsung rangkaian Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia yang berlangsung di Istana Negara Ibu Kota Nusantara, Sabtu (17/8).

Wali Kota Balikpapan dan pejabat lain menyaksikan siaran langsung tersebut setelah mengikuti upacara Hari Kemerdekaan di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome.

Dari pantauan ANTARA, saat penaikan sang saka Merah Putih di Istana Negara di IKN, jajaran pemerintahan Balikpapan menyaksikan siaran tersebut melalui layar lebar yang ada di lapangan BSCC Dome.

"Pada momentum HUT RI, mari kita jaga kesatuan dan persatuan di tengah pemindahan Ibu Kota ke Kaltim," kata Wali Kota Rahmad Mas'ud seusai kegiatan.

Kebersamaan dan sinergi semua pihak, lanjutnya, diperlukan untuk mensukseskan dan membangun IKN.

Baca juga: Pekerja konstruksi turut hadir dalam peringatan HUT RI di Istana Negara IKN
 
Pengibaran duplikat bendera pusaka dalam upacara Hari Kemerdekaan RI ke 79 di BSCC Dome Balikpapan (Antaranews/h.o/Pemkot)


"Jangan lupa, anak-anak muda sebagai penerus bangsa harus punya semangat jiwa, semangat berjuang, dan pantang menyerah," kata Rahmad.

Sebelum menyaksikan rangkaian HUT RI di IKN, Kota Balikpapan lebih dulu menggelar upacara hari kemerdekaan tepatnya pada pukul 10.00 Wita.

Sebelum dikibarkan, bendera Merah Putih dikirab dari Rumah Jabatan Wali Kota Balikpapan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan dibawa menggunakan mobil terbuka berwarna merah dengan nomor polisi bertulisan Paskibraka.

Setelahnya, duplikat bendera pusaka tersebut diserahkan kepada pejabat pemkot Balikpapan Hasbullah Helmi selaku ketua panitia HUT RI Kota Balikpapan dan Wali Kota Balikpapan sebelum dikibarkan.

Rangkaian kegiatan pun ditutup dengan beragam tarian daerah setelah pengibaran duplikat bendera pusaka dan beragam rangkaian acara lainnya.

Baca juga: 140 warga Balikpapan dapat undangan upacara HUT kemerdekaan RI di IKN

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024