Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 360 orang calon haji (calhaj) kelompok terbang (kloter) pertama dari Balikpapan mulai memasuki embarkasi Balikpapan, Rabu pagi.

Sebelumnya para calhaj berkumpul dulu di Gedung Gelora Patra, para calhaj berkumpul sesuai rombongan yang telah dibagi untuk memudahkan keberangkatan menuju embarkasi.

"Panitia menyediakan delapan bis untuk delapan rombongan dan satu bis sebagai cadangan untuk menuju embarkasi," kata Pejabat Sementara (Pjs) Kantor Kementerian Agama, Alfi Taufik di Balikpapan, Rabu.

Selama di embarkasi para calhaj akan melakukan proses pemeriksaan administrasi, kesehatan dan serah terima panitia daerah kepada pihak embarkasi, katanya.

"Mereka diberikan gelang pengenal sebagai penganti paspor dan uang biaya hidup selama menjalankan ibadah haji sebesar 1.500 Riyal," kata Taufik.

Selanjutnya pada esok hari pada pukul 10.00 Wita para jamaah dari embarkasi menggunakan bis menuju Bandara Sepinggan dan selanjutnya menggunakan pesawat Garuda berangkat menuju Jeddah.

Sebanyak 12 kloter calhaj dari Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Utara (Sulut) dan Kalimantan Timur (Kaltim) berangkat melalui embarkasi Balikpapan.

Isak tangis dan lambaian tangan dari keluarga calhaj mewarnai saat bis calhaj berangkat meninggal Gedung Gelora Patra menuju embarkasi.   (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014