Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri secara resmi mengumumkan dukungan partainya kepada pasangan Isran Noor dan Hadi Mulyadi (Isran-Hadi) sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalimantan Timur(Kaltim) dalam Pilkada Serentak 2024.

Pengumuman ini dilakukan dalam acara yang digelar secara hybrid di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (14/8).

"Mereka harus siap mengemban tugas untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Tolong jaga keutuhan bangsa, jangan sampai terpecah belah," ujar Megawati melalui video streaming PDI Perjuangan di Samarinda, Rabu.

Dalam pidatonya, Megawati menegaskan bahwa pasangan Isran-Hadi adalah satu dari 13 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung oleh PDI Perjuangan dalam Pilkada Serentak 2024.

Dengan dukungan PDI Perjuangan, yang sebelumnya telah diusung oleh Partai Demokrat, pasangan Isran-Hadi kini telah menyegel tiket menuju Pilgub 2024 dengan dukungan partai parlemen provinsi sebanyak 11 kursi atau 20 persen dari 55 kursi yang ada di DPRD Kalimantan Timur.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membacakan nama-nama calon kepala daerah yang diusung oleh PDIP. Dari 305 calon kepala daerah yang diumumkan, terdiri dari 13 bakal calon gubernur dan wakil gubernur serta 293 calon kepala daerah tingkat kabupaten/kota.

Pengumuman ini dilakukan di hadapan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan jajaran DPP PDIP, termasuk Bendahara Umum DPP PDIP Olly Dondokambey, serta jajaran Ketua DPP PDIP seperti Basuki Tjahja Purnama, Deddy Sitorus, Komarudin Watubun, dan Eriko Sotarduga.

Ketua Tim Pemenangan Pilkada Nasional PDIP Adian Napitupulu juga terlihat hadir dalam pengumuman tersebut, bersama dengan Ketua DPP PDIP bidang pemenangan pemilu eksekutif Deddy Yevri Sitorus.

Setelah pembacaan nama-nama calon, perwakilan calon kepala daerah yang diusung menerima Surat Keputusan (SK) dari DPP PDIP.

Berikut adalah daftar 13 bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung oleh PDIP untuk Pilkada Serentak 2024:

1. Provinsi Aceh: Musyakir Manaf

2. Sumatera Utara: Letnan Jenderal TNI Purnawirawan Edy Ramayadi
 
3. Riau: Abdul Wahid dan SF Herianto
 
4. Bengkulu: Helmi Hasan dan Mian
 
5. Nusa Tenggara Barat (NTB): Hj. Sitti Rohmi Djalilah dan Musyafirin
 
6. Sulawesi Utara: Steven Kandouw
 
7. Kalimantan Tengah: Nadalsyah Koyem dan Sigit Yunianto
 
8. Kalimantan Timur: Isran Noor dan Hadi Mulyadi
 
9. Sulawesi Selatan: Ramadhan Pamanta dan Azhar Arsyad
 
10. Sulawesi Tenggara: Lukman Abu Nawas dan Laude Ida
 
11. Papua Barat/Bapua Barat Daya: Letjen TNI Purnawirawan Yopi Ones dan Ibrahim Ugaje
 
12. Sulawesi Tengah: Rusdi Mastura dan Mayor Jenderal TNI Purnawirawan Agusto
 
13. Maluku: Letjen Jenderal TNI Purnawirawan Jeffrey A. Rahawarin dan Abdul Mukti Keliobas

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024