Satu dari delapan pesawat Tim Aerobatik Jupiter (Jupiter Aerobatic Team/JAT) TNI Angkatan Udara (AU) yang mendarat di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sempinggan Balikpapan, Sabtu (10/8), memiliki desain stiker khusus Ibu Kota Nusantara (IKN) di bagian ekornya.

Pantauan ANTARA, logo IKN serta tulisan Nusantara tampak di bagian ekor dengan dasar warna biru. Bukan hanya logo Nusantara, tampak pula desain angka 79 sebagai penanda peringatan resmi HUT ke-79 RI dan bendera Merah Putih.

Sirip pesawat itu berbeda dari pesawat lain JAT yang hanya berwarna merah polos serta tambahan gambar bendera Merah Putih berbentuk persegi panjang.

Pimpinan JAT, atau disebut Jupiter One, Letkol Penerbang Idham Satria menyampaikan satu pesawat itu memang punya stempel khusus.

"Dalam peringatan HUT RI yang pertama di IKN, ada satu pesawat Jupiter yang kami pasang stiker logo IKN. Itu menunjukkan bahwa agenda pertunjukkan itu untuk yang pertama kali digelar di IKN," ujarnya.

Baca juga: Pesawat TAJ bersiap atraksi di langit IKN bersama F-16

Dia mengemukakan, pesawat jenis Korean Trainer (KT) 1-B dengan kode woongbee dari Tim Jupiter yang memiliki stiker khusus itu akan mengisi posisi strategis saat bermanuver di langit IKN.

"Pesawat itu berposisi di posisi slot atau di posisi tengah-tengah. Nanti dengan pesawat posisi 6 maka pesawat stiker IKN akan berada di posisi tengah," kata Idham.

Delapan pesawat JAT itu akan beraksi di langit IKN bersama dengan jet tempur F-16 yang masing-masing sudah menjalani latihan.

"Kami juga sudah melaksanakan latihan gabungan beberapa hari yang lalu di Surakarta," demikian Idham.

Baca juga: Tim Aerobatik Jupiter TNI AU tiba di Balikpapan, siap semarakkan HUT RI di IKN

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024