Penajam (ANTARA Kaltim) - Jumlah fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara diprediksi akan mengalami penambahan dibandingkan pada periode sebelumnya, yakni menjadi enam fraksi.   

Pada periode sebelumnya (2009-2014) hanya terdapat tiga fraksi masing-masing Golkar, PDIP dan Gabungan.

Lima partai yang mendapatkan kursi di DPRD pada pemilu legislatif 2014 yakni, Partai Golkar dengan lima kursi, PDIP empat kursi serta Demokrat, Gerindra dan PKS masing-masing tiga kursi. 

Sementara, PAN dan PBB hanya memperoleh masing-masing dua kursi aedangkan Hanura, PKB dan Nasdem masing-masing meraih satu kursi. 

Sedangkan partai yang tidak cukup memperoleh tiga kursi, kemungkinan akan berkoalisi untuk membentuk fraksi Gabungan.

Berdasarkan informasi, PAN dan PBB yang meraih empat kursi maka kemungkinan kedua partai itu akan membentuk fraksi Gabungan. 

Selain itu, sejumlah parpol yang memiliki kursi di DPRD, juga mulai menggalang kekuatan dalam membentuk fraksi. 

Demokrat yang bisa membentuk fraksi sendiri tetap melakukan pendekatan kepada parpol yang ingin bergabung.

Salah seorang anggota DPRD dari Demokrat, Syarifuddin HR Selasa mengatakan, partainya masih membuka peluang dan memberikan kesempatan kepada partai lain untuk bergabung di fraksi Demokrat.

"Sepanjang partai yang ingin bergabung tersebut cocok dan tidak mengajukan syarat, kami tetap memberikan peluang utnuk bergabung di Fraksi Demokrat," katanya. 

Sementara, politisi PDIP Penajam Paser Utara Alfian menyatakan, Partai Hanura telah menyatakan keinginaanyan untuk bergabung dengan fraksi yang akan dibentuk PDIP. 

"Namun, pengurus masih melakukan pertimbangan-pertimbangan, termasuk menerima partai yang ingin bergabung di fraksi PDIP," ujar Alfian.
  
Sedangkan, meskipun pembentukan fraksi belum dilakukan, namun Ketua DPC PKB Penajam Paser Utara Irawan Heru Susianto menyatakan, sudah memutuskan untuk bergabung dengan PDIP. 

"Plafon perjuangan PDIP memiliki kesamaan dengan PKB," ungkap Irawan Heru Susianto.

Sementara itu anggota DPRD dari Partai Nasdem, Zeth Salurapi mengatakan, sampai saat ini partainya belum memutuskan untuk bergabung ke salah satu fraksi. 

Dengan hanya meraih satu kursi kata Zeth Salurapi, Partai Nasdem harus bergabung dengan fraksi yang lain. 

"Namun yang jelas, Nasdem akan bergabung dengan fraksi yang memiliki plafon perjuangan yang sama," katanya. 

Berdasarkan prediksi, fraksi yang akan terbentuk di DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, yakni fraksi Golkar, fraksi PDIP, fraksi Demokrat, fraksi Gerindra, fraksi PKS dan fraksi Gabungan. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014