Samarinda (ANTARA Kaltim) - Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda HM. Faisal mengatakan pihaknya kembali melakukan sosialisasi tentang penggunaan busana motif sarung Samarinda kepada masyarakat luas dengan menggelar acara Fashion Kemilau Sarung Samarinda.

"Setelah dua tahun lalu dilaksanakan , kami kembali menggelar acara Fashion  Kemilau Sarung Samarinda  pada Jum'at malam tanggal 29 Agustus 2014 di Hotel Mesra Internasional.  Acara ini juga sekaligus merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 69,” katanya di Samarrinda, Selasa (26/8).

Ia mengatakan tujuan acara  fashion Kemilau Sarung Samarinda  untuk  lebih mempromosikan bahwa motif bahan sarung samarinda dapat digunakan untuk berbagai model pakaian resmi , misalnya dikantor-kantor  pemerintah  dan  swasta.  Selama ini hanya digunakan  untuk sarung yang merupakan cirri khas  Samarinda.

Faisal menjelaskan acara fashion tersebut dengan konsep suasana yang baru dan audien serta  berbeda, diharapkan  menambah  nilai seni  dengan  bahan  motif sarung samarinda.  Jadi melalui  fashion dapat dipromosikan model dan motif  250 hasil karya disigner  warga kota Samarinda.

Lanjutnya guna lebih memperkenalkan dan  memasyarakatkan  penggunaan motif sarung samarinda agar tampil lebih modis  dan bersahaja maka  Disbudpar kominfo Samarinda  bekerjasama dengan sejumlah perbankan dengan koordinator  Bank Indonesia Cabang Samarinda.

“Tim perbankan Samarinda akan tampil difashion guna memperkenalkan  busana kerja  motif sarung Samarinda di atas catwalk,” katanya.

Faisal menyampaikan kegiatan fashion Kemilau Sarung Samarinda dirancang areal catwalk berada diatas swimming pool Hotel Mesra Internasional, dengan suasana musik Jazz Live dari Jazzer local kota Samarinda ditambah penataan lighting yang bagus  sehingga akan terlihat  lebih semarak.

Dia berharap dengan promosi seperti ini masyarakat akan lebih tertarik untuk menggunakan pakaian motif sarung Samarinda,  sehingga membawa dampak meningkatnya penjualan  kain motif sarung Samarinda di kota Tepian.

Sementara itu ketua panitia pelaksana Agnes Gering mengatakan  acara fashion Kemilau Sarung Samarinda tersebut didukung oleh  20 disainer/agency modeling Samarinda yang  akan  menampilkan 150 an model , kemudian ditambah model dari kalangan perbankan dan instansi Pemkot Samarinda.

“Acara fashion ini juga bekerjasama dengan Dekranasda Samarinda, untuk itu kami jamin pasti akan meriah dan seru fashion show kali ini." ujar Agnes (*)

Pewarta: Rachmad

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014