Dua anak perusahaan Pertamina, PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) dan PT Pertamina Lubricants (PTPL) meneguhkan kerjasama di bidang jasa kelautan dan jasa kepelabuhanan untuk muatan base oil di kapal tanker.

“Kerjasama ini mencakup penyediaan kapal-kapal ringan (KKR), juga pelayanan jasa logistik seperti penyediaan operator terminal di pelabuhan untuk tambat dan lepas kapal (mooring-unmooring) untuk muatan kapal tanker lube oil base (LBO),” kata Direktur Utama PTK I Ketut Laba, Kamis.

Di Balikpapan, Pertamina Trans Kontinental mengelola pelabuhan dan melayani kapal-kapal yang mengangkut minyak ke dan dari Kilang Balikpapan.

Termasuk juga di dalamnya jasa kelautan (marine services) berupa pengadaan Oil Spill Response atau unit tanggap cepat tumpahan minyak, untuk antisipasi bila hal tersebut terjadi saat bongkar muat berlangsung.

Untuk itu, lanjut Ketut Laba, perjanjian kerjasama ditandatangani pihaknya dengan Direktur Utama PTPL Werry Prayogi pada Selasa 30/7 di Jakarta.

Laba menegaskan tugasnya memastikan PTK memberikan layanan terbaik dengan tetap mematuhi aspek kesehatan, keselamatan, keamanan, dan lingkungan (Health, Safety, Security, and Environment atau HSSE).

Layanan terbaik itu, ujarnya, adalah menyediakan kapal dan operator terminal yang handal, dengan armada dan kru kapal yang profesional, berintegritas, dan patuh pada aspek HSSE.

“Kerjasama ini juga menciptakan dampak saling menguntungkan bagi dua entitas Pertamina, PTPL dan PTK, dengan ONE Pertamina, yaitu mengoptimalkan kemampuan dan sumberdaya Badan Usaha Milik Negara untuk mencapai tujuan bersama,” papar Ketut Laba.

Bagi PTPL, disampaikan oleh Direktur Utama Werry Prayogi, kerjasama ini adalah komitmen Pertamina Lubricants untuk mempercepat rantai proses distribusi.

“Semoga dengan pengalaman PTK di jasa kelautan dapat meningkatkan kehandalan sarana terminal, percepatan integrated port time, serta kepatuhan terhadap aspek HSSE dan perizinan di pelabuhan,” ujar Werry.

Kolaborasi antara PTK dan PTPL pada muaranya diharapkan dapat mendukung efisiensi operasional dan mempercepat layanan pelumas bagi para pelanggan, Kerjasama ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi industri dan masyarakat. 
 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024