Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyiapkan Stadion Utama Palaran di Samarinda sebagai lokasi upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim M. Syirajudin, di Samarinda, Selasa, mengatakan alasan penggunaan stadion yang sebelumnya menjadi lokasi pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2008 itu adalah stadion Kadrie Oening Sempaja masih disiapkan sebagai tempat pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) 2024.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Stadion Kadrie Oening Sempaja selalu menjadi lokasi upacara HUT Kemerdekaan RI di Kalimantan Timur.

Pemprov Kaltim, menurut Syirajudin, sempat mempertimbangkan lokasi lain seperti Lapangan Eks Bandara Temindung Samarinda, Komplek Komando Resor Militer (Korem) 091/ASN, hingga Lapangan Merdeka Balikpapan.

"Stadion Utama Palaran menjadi pilihan paling prioritas. Sebagai Stadion Utama Kaltim, komplek gelanggang olahraga tersebut memiliki fasilitas yang mumpuni untuk pelaksanaan upacara HUT RI," jelasnya.

Baca juga: Dinkes Kaltim siagakan nakes untuk upacara HUT RI di IKN

Dia mengatakan sejumlah fasilitas di Stadion Palaran menjadi alasan pemilihan lokasi itu untuk menggelar upacara HUT RI seperti lapangan yang luas, ketersediaan tiang bendera, ruang transit VIP pimpinan daerah, serta kapasitas menampung ribuan peserta upacara. 

“Kami masih perlu melaporkan kesiapan Stadion Palaran kepada Sekretaris Daerah dan menunggu keputusan final lokasi upacara HUT RI. Tapi yang jelas, Stadion Kadrie Oening tidak bisa digunakan karena persiapan MTQ Nasional,” kata Syirajudin saat memimpin Rapat Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Dalam rapat tersebut, Penjabat Gubernur Kaltim bersama pimpinan unsur Forkopimda dijadwalkan akan mengikuti Upacara HUT RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama Presiden RI. 

Sementara, upacara HUT RI yang digelar Pemprov Kaltim akan diikuti para asisten dan kepala perangkat daerah di lingkungan Provinsi Kaltim.

Baca juga: Pembangunan lapangan Istana Negara di IKN masuki tahap akhir

Selain Upacara Detik-Detik Proklamasi sebagai acara inti rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kaltim, pemerintah provinsi juga menyiapkan kegiatan lain seperti Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS), pemberian remisi kepada narapidana, malam syukuran dan resepsi HUT RI, penyerahan Satya Lencana Karya Satya, serta agenda ramah tamah bersama para veteran.

Pemprov Kaltim juga mengimbau masyarakat memasang berbagai identitas visual HUT Kemerdekaan RI secara serentak di seluruh kabupaten/kota. Identitas yang dipasang seperti umbul-umbul, poster, dan bendera pada 1-31 Agustus 2024.

Pewarta: Arumanto

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024