Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Barat menyebutkan rute penerbangan dari Bandara Tampa Padang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, menuju ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur, mulai dibuka pada Agustus 2024.

"Hari ini, kami telah mendapat surat tembusan dari Kementerian Perhubungan atas persetujuan pembukaan jalur penerbangan Sulbar ke Kaltim," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulbar Maddareski Salatin di Mamuju, Senin.

Pembukaan rute penerbangan dari Mamuju ke Balikpapan dan sebaliknya itu kata Maddareski Salatin, sebagai upaya mendukung Provinsi Sulbar menjadi penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

"Atas arahan Penjabat Gubernur dan jajaran Pemprov Sulbar kami menyampaikan terima kasih atas bantuan serta dukungan dari Kementerian Perhubungan dan Komisi V DPR terkait disetujuinya penambahan rute penerbangan Mamuju ke Balikpapan itu," terang Maddereski Salatin.

Termasuk, lanjutnya, dukungan dari jajaran pejabat Bandara Tampa Padang Mamuju yang terus mendukung peningkatan pelayanan.

Baca juga: Bandara Sepinggan Balikpapan matangkan persiapan sambut tamu IKN

"Jadi ada penambahan rute baru maskapai Wings Air dari Mamuju-Balikpapan dan sebaliknya, yang akan dimulai pada 1 Agustus 2024," kata Maddereski Salatin.

Ia menyampaikan rute penerbangan dari dari Balikpapan ke Mamuju semula direncanakan pada 5 Juli 2024 dengan menggunakan pesawat Wings ATR 72.

Namun ditunda hingga Agustus 2024 karena adanya proses pengurusan slot time dan pengaturan armada serta adanya penambahan rute baru dari Kabupaten Berau ke Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur menuju ke Bandara Tampa Padang Mamuju.

"Rencananya, jadwal penerbangan itu pada setiap Selasa, Kamis dan Sabtu," kata Maddareski Salatin.

Dinas Perhubungan Sulbar, kata Maddareski Salatin, saat ini terus melakukan kordinasi demi kelancaran pelayanan penerbangan rute Mamuju-Balikpapan itu.

Baca juga: Bandara Sepinggan Balikpapan terapkan NLE dan luncurkan TPFT

Bahkan sampai hari ini, tambahnya, rute penerbangan dari Mamuju ke Makassar dan sebaliknya, telah melayani penerbangan empat kali sepekan dan akan dilakukan penerbangan setiap hari jika permintaan penumpang bertambah di Bandara Tampa Padang Mamuju.

"Penerbangan dari Makassar ke Mamuju dan sebaliknya, akan dilakukan setiap hari kalau bertambah permintaan penumpang. Kita ucapkan terima kasih ke pemerintah pusat atas bantuannya termasuk pihak Bandara Tampa Padang Mamuju," ujar Maddareski Salatin.

Pewarta: Amirullah

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024