Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menjadwalkan penanaman satu juta pohon di kawasan mangrove dalam menyambut dan memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik dalam keterangan di Samarinda, Senin, menjelaskan, selain penanaman pohon, kemeriahan pesta kemerdekaan pada Agustus juga diwarnai konser musik dengan menghadirkan artis-artis dari Jakarta.

"Dua kegiatan ini didanai corporate social responsibility (CSR) dari PT Pertamina dalam rangka mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN) sekaligus menyambut HUT ke-79 Kemerdekaan RI," jelas Akmal Malik

Menurut Akmal Malik kegiatan penanaman pohon dengan target satu juta mangrove akan melibatkan pemerintah kabupaten/kota serta siswa-siswi SMP dan SMA sederajat di seluruh Kaltim.

Ia berharap kedua ajang itu terlaksana dengan baik didukung seluruh stakeholders, termasuk keterlibatan perusahaan di Kaltim.

“Penanaman pohon akan serentak di seluruh wilayah kabupaten dan kota se-Kaltim,” ujarnya.

Bagi daerah yang tidak memiliki wilayah pesisir seperti Kutai Barat dan Mahakam Ulu, diharapkan menanam pohon di pinggiran sungai.

Akmal meminta kepada PT Forceldea Communications dalam rangkaian Symphony Merah Putih 2024 di Balikpapan untuk segera mempersiapkan venue konser musik tersebut.

“Kita berharap kedua ajang di Agustus mendatang berbeda dengan kegiatan sebelumnya yang telah dilaksanakan di Kaltim,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Muhammad Kurniawan mengemukakan pihaknya segera menginventarisasi siswa-siswi SMP maupun SMA sederajat yang ikut menanam pohon memeriahkan HUT Kemerdekaan RI tahun ini.

“Kita agendakan kerja sama dengan Dinas Kehutanan untuk menanam pohon. Selain siswa-siswi SMP dan SMA, kita juga libatkan anak-anak MAN dan MTs,” bebernya.

Menurut dia, kegiatan menanam pohon merupakan hal yang bagus untuk membalas budi pada bumi sekaligus melestarikan lingkungan hidup.

Selain itu, menanam pohon menjadi satu porsi pembelajaran dan pembentukan karakter siswa-siswi untuk mencintai bumi.  "Pada intinya, kita sangat mendukung penanaman pohon yang melibatkan siswa-siswi sekolah," jelasnya.(Adv)

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024