Penajam (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara, melalui unit pelaksana teknis daerah (UPTD) Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) membagikan 9.435 kartu sehat kepada warga setempat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Penajam Paser Utara, Arnold Mayong, Kamis mengatakan, perhatian pemerintah terhadap kesehatan masyarakat didukung dengan pemberian pelayanan kapada masyarakat lebih baik.

"Kami harapkan, dengan adanya jaminan kesehatan itu, tidak ada alasan warga tidak berobat karena semua ditanggung pemerintah kabupaten atau gratis," ungkap Arnold Mayong.

Namun lanjut Arnold, warga yang sudah masuk dalam jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan beberapa jaminan kesehatan lainnya, tidak bisa masuk Jamkesda.

"Saya berharap kepada petugas agar memberikan pelayanan maksimal, karena pemerintah juga memperhatikan kesejahtraaan petugas," kata Arnold Mayong.

Sementara, Kepala UPTD Jamkesda Dinkes Kabupaten Penajam Paser Utara, Lukas Edi Saputro menyampaikan terimah kasih kepada pemerintah, karena dengan adanya Jamkesda itu, semua warga yang berhak mendapat jaminan kesehatan bisa terakomodir.

"Sebelum kartu sehat dibagikan, dilakukan verifikasi Kartu Keluarga (KK) dan KTP. Artinya, Jamkesda ini benar-benar warga Penajam Paser Utara yang mendapatkannya," kata Lukas Edi Saputro.

Ia menambahkan, pemegang kartu sehat tersebut, nantinya akan mendapatkan pelayanan kesehatan di puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Penajam Paser Utara maupun di rumah sakit luar daerah yang telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara.

"Pemegang kartu sehat akan mendapatkan pelayanan kesehatan mulai dari puskesmas, RSUD serta rumah sakit diluar daerah yang sudah bekerjasama, tapi harus melalui mekanisme dan surat rujukan," ujar Lukas Edi Saputro.

Kartu sehat yang dibagikan tersebut, diantaranya untuk 3.782 warga Kelurahan Petung, Lawe-lawe sebanyak 1.349 warga, sebanyak 448 warga Saloloang, 52 warga Kampung Baru, 710 warga Tanjung Tengah, 276 warga Pejala, 975 warga Sidorejo dan 1.242 untuk Giri Purwa.

Sebelumnya, UPTD Jamkesda Kabupaten Penajam Paser Utara juga sudah membagikan 50.689 kartu sehat kepada warga dan hingga saat ini, masih ada sekitar 20.289 warga yang belum menyerahkan syarat untuk mendapatkan kartu sehat dari total target 80 ribu warga yang akan dilayani kesehatan gratis dengan kartu tersebut.   (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014