Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Akmal Malik menyalurkan bantuan berupa 10 sapi kurban pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah untuk masyarakat.

Bantuan sapi kurban tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur, Fahmi Himawan kepada H. Ardiansyah selaku Kabag Bina Mental Spiritual Biro Kesra Setda Provinsi Kaltim di Sekretariat Majelis Ta'lim Khadijah Odah Etam di Samarinda, Minggu.

"Sepuluh ekor sapi ini dibagi di beberapa lokasi, antara lain enam ekor di Penajam Paser Utara, dua ekor di Balikpapan dan dua ekor di Samarinda," ujar Fahmi.

Adapun setiap sapi memiliki bobot 450 kg dan berasal dari jenis sapi Bali, yang dipelihara di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pembibitan Ternak dan Hijauan Pangan (PTHP) Api Api, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Sementara, dua ekor sapi untuk warga Samarinda akan diserahkan di Masjid Islamic Center Baitul Muttaqien dan Masjid Pemprov Kaltim Nurul Mukminin.

"Bantuan sapi ini merupakan bentuk rasa syukur atas kondisi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang aman, masyarakatnya sejahtera dan juga sebagai bentuk kepedulian," jelas Fahmi.

Fahmi menambahkan dengan bantuan 10 ekor sapi diharapkan masyarakat dapat merasakan kebahagiaan bersama saat Hari Raya Idul Adha.

"Jangan dilihat dari jumlah dan bobotnya, tapi kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat," tutupnya.

Tidak hanya itu, lanjut Fahmi para petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur juga memberikan edukasi kepada masyarakat yang akan membantu penyembelihan hewan kurban, berupa sosialisasi teknik dan tata cara pemotongan hewan kurban halal dan penanganan daging yang higienis.
 
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024