Transportasi online Gojek dan layanan teknologi keuangan (financial technology, fintech) GoPay kini hadir di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Resminya sejak Jumat 7 Juni pekan lalu. Tapi sebenarnya sejak April lalu sudah ada layanan Go Car dari Bandara Sepinggan ke IKN,” kata Vice President of Region Gojek Gede Manggala, di Balikpapan,Senin.

Dari Bandara Sepinggan Balikpapan ke IKN di Sepaku  berjarak lebih kurang 101 km atau 90-120 menit perjalanan dengan mobil. Di aplikasi, ongkos perjalanan itu Rp700 ribu sekali jalan, atau Rp1,2 juta pergi pulang.

“Kami berkomitmen memudahkan hidup keseharian masyarakat melalui inovasi teknologi,” lanjut Gede Manggala.

Termasuk di dalam layanan Gojek di IKN ini, selain antar jemput orang dengan kendaraan roda dua (GoRide) dan dengan mobil (GoCar), juga pesan antar makanan (GoFood). Kemudian dari GoPay berupa layanan pembayaran digital, baik untuk penggunaan jasa di Gojek ataupun pembayaran lainnya.

“Jadi kami juga mendorong pengembangan ekonomi digital di IKN,” kata Gede.

Untuk GoFood puluhan pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal Sepaku IKN kini dalam tahap pendaftaran agar bisa ikut berjualan di GoFood lewat aplikasi Gojek. Bersamaan dengan itu juga dibuka kesempatan menjadi mitra pengemudi roda dua dan persiapan penerapan pembayaran digital.  

Pada kesempatan peresmian di Rest Area di Terunen, Sepaku, pemilik Warung Makan Kajaran yang menjadi mitra GoFood, Suhartatik, menuturkan bahwa sejak dikembangkan kawasan IKN dan masuknya digitalisasi Gojek dan GoPay, kini usahanya memiliki kesempatan lebih besar lagi untuk berkembang.

”Dalam beberapa waktu terakhir, sudah cukup banyak yang memesan makanan kami secara daring melalui GoFood. Kami berharap Warung Makan Kajaran bisa menyajikan dan memperkenalkan kuliner lokal Khas Kalimantan Timur ke lebih banyak orang. Gojek telah mendukung perjuangan kami sebagai UMKM untuk membuka peluang kami terus tumbuh”, kata Suhartatik.
 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024