Komando Distrik Militer 0906/ Kabupaten Kutai Kartanegara (Kodim 0906/Kukar) dan pemerintah daerah setempat berkolaborasi membangun jembatan dan peningkatan jalan di kawasan pertanian, untuk memperlancar akses angkutan barang dari dan ke sawah.

Pembangunan jembatan ukuran 4 X 4 meter sekaligus peningkatan jalan usaha tani dilakukan oleh anggota Kodim 0906/Kukar kerja sama dengan Pemkab Kukar, dengan nama kegiatan Karya Bakti TNI untuk mempermudah akses jalan persawahan di Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang. 

"Jalan dan jembatan menjadi kebutuhan karena selama ini petani kepayahan dalam mengangkut hasil panen," kata Peltu Eko selaku Babinsa Manunggal Jaya Kodim 0906/Kukar, dalam rilis Penerangan Korem 091/ASN di Samarinda, Minggu. 

Selain kesulitan mengangkut hasil panen, selama ini petani juga kesulitan dalam membawa alat dan mesin pertanian (alsintan), hingga kesulitan mengangkut pupuk maupun obat-obatan maupun sarana produksi pertanian (saprotan) lain karena sawah yang ada cukup luas sehingga jarak dari jalan besar ke persawahan lumayan jauh. 

Anggota Kodim 0906/Kukar yang tergabung dalam Karya Bakti ini juga melakukan perbaikan gorong-gorong serta penimbunan badan jalan di kawasan pertanian, karena ada beberapa titik di kawasan ini dengan dataran rendah, sehingga jika tidak ditimbun dikhawatirkan badan jalan terendam air saat musim hujan. 

"Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah daerah yang bekerjasama dengan Kodim 0906/Kukar, guna mewujudkan petani sejahtera melalui perbaikan infrastruktur di kawasan pertanian, karena dengan sarana dan prasarana memadai tentu angkutan lebih mudah dan biaya angkutan pun lebih murah," katanya. 

Kemudahan infrastruktur ini pun diharapkan berimplikasi pada naiknya produktivitas padi, karena dengan kemudahan mobilitas alsintan dan saprotan, dipastikan pengolahan dan pemeliharaan lahan pertanian menjadi maksimal. 

Kabupaten Kukar saat ini merupakan daerah yang menjadi produksi terbanyak di Provinsi Kalimantan Timur, seperti pada 2023 yang total ada 226.972,07 gabah kering giling (GKG) di Kalimantan Timur, Kukar memproduksi padi terbanyak yang mencapai 115.103,82 ton GKG. 

Meski demikian, Pemkab Kukar masih terus ingin meningkatkan produksi padi karena dua alasan, pertama adalah sebagian beras di Kalimantan Timur masih didatangkan dari luar daerah, kedua adalah karena adanya Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berimplikasi pada penambahan jumlah penduduk, tentu membutuhkan pasokan pangan lebih banyak lagi. 

"Alasan inilah yang kemudian membuat Pemkab Kukar terus melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi lahan pertanian. Salah satunya melakukan kerja sama dengan Kodim 0906/Kukar melalui pembuatan akses jalan usaha tani," kata Babinsa Manunggal Jaya.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024