Nunukan (ANTARA Kaltim) -  Pencairan atau pengambilan uang kiriman di Kantor Pos Nunukan, Kalimantan Utara, meningkat signifikan sejak H-7 Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Sesuai pengakuan warga yang mencairkan atau mengambil, uang tersebut berasal dari anggota keluarga yang bekerja di luar negeri," kata Kepala Kantor Pos Nunukan, Carianto di Nunukan, Rabu.

Ia mengatakan jumlah warga yang ingin mencairkan kiriman uangnya di kantor pos setempat mulai meningkat sejak Senin (21/7).

Carianto menambahkan uang kiriman tersebut sebagian besar berasal dari tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Negeri Sabah dan Sarawak, Malaysia, yang dikirimkan kepada keluarganya di daerah itu.

"Kalau pengakuan orang yang mencairkan uang di sini (kantor pos) berasal dari keluarganya yang bekerja di Malaysia," ujar dia kepada wartawan.

Adapun nilai yang dicairkan, kata dia, jumlahnya rata-rata Rp1 juta sampai Rp2 juta yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan menjelang dan saat lebaran.

Ia juga mengungkapkan pengiriman uang keluar daerah juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2013.

Pengiriman uang melalui Kantor Pos Kabupaten Nunukan pada umumnya ditujukan kepada keluarganya di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan nilai yang bervariasi.

Carianto mengaku belum mengetahui total uang yang telah dicairkan maupun yang dikirim warga setempat melalui Kantor Pos Nunukan.(*)

Pewarta: M.Rusman

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014