Kepolisian Resor Kutai Kartanegara (Polres Kukar), Kalimantan Timur, mengembalikan 3.090 personel pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Pemilu 2024 ke satuan asal, karena pemilu sudah selesai dan aman.

"Pasukan BKO Satlinmas ini merupakan anggota pengamanan pemilu yang terdiri dari berbagai unsur, mengingat pemilu sudah selesai dan berjalan lancar, maka hari ini dikembalikan ke satuan masing-masing," kata Wakil Kepala Polres Kukar Komisaris Polisi M Aldi Harjasatya di Tenggarong, Senin.
 
Pengembalian pasukan BKO ini dikemas dalam Gelar Pasukan Pengembalian BKO Satlinmas dihadiri oleh semua pihak terkait, hadir pula Bupati Kukar Edi Damansyah.
 
Pasukan BKO tersebut berasal dari berbagai unsur maupun satuan, seperti dari Kodim 0906/Kukar, Polres Kukar, Satpol-PP Kukar, Pemadaman Kebakaran (Damkar) Kukar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar.
 
Sementara Bupati Kukar mengatakan, suksesnya Pemilu 2024 tidak lepas dari kerja keras, sinergitas, dan profesionalisme semua pihak yang terlibat, khususnya jajaran Polres Kukar tanpa mengenal lelah dalam mengamankan jalannya pemilu.
 
Keberhasilan Pemilu Serentak 2024 tersebut merupakan bukti nyata atas komitmen dan profesionalisme TNI, Polri, dan berbagai elemen lain dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.
 
"Meski pemilihan presiden/wakil presiden, dan anggota legislatif telah berakhir, namun kami mengajak seluruh elemen masyarakat selalu bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," katanya.
 
Terlebih ke depan, tepatnya pada 27 November 2024 akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah serentak, sehingga dalam menjaga keamanan dan ketertiban umum merupakan hal penting bagi semua pihak.
 
Semua pihak, lanjutnya, harus menjaga kondusifitas dan stabilitas daerah, demi kelancaran seluruh tahapan pemilu kepala daerah tahun ini, kemudian menghindari upaya jahat dalam menyebarkan berita bohong atau ujaran kebencian yang dapat memecah belah masyarakat.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Kukar, saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih setinggi-tingginya kepada berbagai pihak, khususnya Polres Kukar atas dedikasi dan pengabdiannya dalam mengamankan jalannya Pemilu 2024," kata Edi Damansyah.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024