PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memiliki prioritas terus menghadirkan pengalaman perbankan (customer experience) yang optimal untuk menjaga loyalitas nasabah di berbagai daerah, termasuk di Samarinda, Kalimantan Timur.
 
"Kota Samarinda merupakan daerah berkembang menjadi pusat pemerintahan, perdagangan, dan industri di Kalimantan Timur," kata Head of Region Jakarta A dan Kalimantan CIMB Niaga Evita Barliana di Samarinda, Selasa.
 
Karena itu, sebutnya, selain mengoptimalkan layanan melalui beragam channel, CIMB Niaga juga memberikan nilai tambah bagi nasabah dengan berbagai inisiatif. 
 
Salah satu yang telah dilakukan CIMB Niaga, yakni menyelenggarakan acara Ngobrolin Biznis (Ngobiz) pada 27 Mei 2024, yang mengajak para pelaku usaha kapal tongkang di Samarinda untuk lebih memahami aturan perpajakan dalam industri perkapalan, khususnya di pasar ekspor.
 
“CIMB Niaga berkomitmen memberikan layanan yang prima bagi para nasabah di Samarinda dengan memadukan semua kapabilitas bank, baik jaringan kantor cabang fisik yang didukung SDM ramah dan profesional, maupun layanan berbasis digital," papar Evita.
 
Pihaknya berharap dukungan layanan lengkap dan inisiatif acara Ngobiz tersebut dapat meningkatkan customer experience dan memberikan wawasan baru bagi pelaku usaha di industri perkapalan. 
 
"Dengan pengetahuan tersebut nasabah diharapkan dapat mengelola pajak secara efektif dan semakin siap untuk bersaing di pasar internasional,” imbuh Evita.
 
Melalui empat kantor cabang yang berlokasi di Jalan Simpang Merak, Jalan KH Khalid, Jalan Ir H Juanda, dan Jalan Bung Tomo serta 17 mesin ATM yang tersebar di sejumlah titik, beragam aktivitas perbankan dapat dilakukan dengan mudah, karena bagi CIMB Niaga, nasabah adalah #YangUtama.
 
Tidak hanya itu, untuk layanan yang lebih cepat, nasabah juga bisa memanfaatkan layanan digital seperti aplikasi digital banking OCTO Mobile dan OCTO Clicks yang memberikan kemudahan dalam mengakses layanan perbankan kapan saja dan di mana saja. 
 
Adapun nasabah bisnis CIMB Niaga mendapatkan dukungan maksimal melalui BizChannel@CIMB yang membuat berbagai transaksi bisnis menjadi lebih teratur dan efisien. 
 
"Bagi nasabah merchant atau pemilik toko, CIMB Niaga juga menyediakan aplikasi OCTO Merchant, sehingga transaksi jual beli menjadi lebih praktis," tutur Evita.
 
Lanjutnya, beragam inisiatif dan kemudahan layanan yang diberikan CIMB Niaga termasuk di Samarinda, baik melalui kantor cabang maupun kanal digital, turut berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja CIMB Niaga secara nasional. 
 
Pada kuartal pertama tahun ini,  CIMB Niaga memperoleh laba sebelum pajak yang mencapai Rp2,2 triliun. Angka ini lebih tinggi 7,8 persen dibanding tahun lalu, dan setiap sahamnya sekarang bernilai Rp66,96.
 
"Terima kasih kepada semua yang sudah mendukung kami, khususnya nasabah. Karena mereka, kami bisa memulai tahun 2024 dengan sangat baik. Kami berhasil meningkatkan pemberian kredit dan memperbaiki kualitas aset kami, yang membuat kami bisa terus memberikan yang terbaik," ungkap Evita.
 
Bank ini juga punya rencana besar untuk terus memperbaiki layanan kepada pelanggan dengan cara-cara digital yang baru. Evita menambahkan, pihaknya punya banyak sumber daya dan teknologi canggih, serta jaringan yang luas. Jadi, kami siap untuk terus berkembang dan membantu ekonomi Indonesia maju.
 
CIMB Niaga juga menjaga kekuatan finansial dengan CAR sebesar 24,5 persen dan LDR sebesar 84,2 persen. Total asetnya kini Rp333,0 triliun per 31 Maret 2024, yang menegaskan posisinya sebagai bank swasta besar di Indonesia.
 
Dana yang disimpan oleh masyarakat di bank ini, atau yang disebut dana pihak ketiga (DPK), naik menjadi Rp248,0 triliun, naik 3,3 persen dari tahun lalu. Ini menunjukkan bahwa banyak orang mempercayai bank ini untuk menyimpan uang mereka. CASA, yang menunjukkan uang yang bisa digunakan bank setiap saat, juga naik 8,9 persen.
 
Kredit yang diberikan bank ini naik 6,0 persen menjadi Rp211,6 triliun. Kenaikan ini banyak didorong oleh usaha-usaha kecil dan menengah yang tumbuh 9,4 persen dan layanan untuk konsumen yang naik 6,9 persen. Kredit untuk pembelian mobil juga naik tinggi, yaitu 15,8 persen.
 
Di bagian perbankan Syariah, CIMB Niaga Syariah tetap menjadi yang terbesar di Indonesia dengan total pembiayaan Rp56,2 triliun, naik 15,4 persen dan DPK sebesar Rp50,6 triliun, naik 2,6 persen. Bank ini terus berusaha meningkatkan dana yang mereka miliki, terutama yang berasal dari komunitas.
 
Evita juga bangga mengumumkan bahwa hampir 26 persen dari total pembiayaan bank, atau sekitar Rp54,8 triliun, digunakan untuk mendukung perubahan ke ekonomi yang lebih ramah lingkungan. 
 
"CIMB Niaga juga terpilih sebagai salah satu dari tujuh bank yang berkomitmen untuk mencapai emisi nol bersi di Indonesia, sesuai dengan tujuan OJK," katanya lagi.
 
Adapun sebagai bagian dari corporate citizenship, CIMB Niaga memiliki perhatian besar kepada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. 
 
Oleh karenanya, Perseroan bekerja sama dengan dan United Nations Children's Fund (UNICEF) mendukung upaya  Pemerintah dalam mencegah dan mengurangi masalah gizi buruk dan stunting di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024