Team Emergency Response (ER) PT Trust turut membantu meredam kebakaran di RT 02, Kampung Muara Lawa, Kecamatan Muara Lawa, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur, sehingga api yang sempat melalui tiga rumah ini tidak melebar ke rumah lainnya. 
 
Menurut warga setempat, api bermula muncul dari salah satu rumah warga, kemudian membakar rumah di sekitarnya. Kebakaran ini sempat menimbulkan kepanikan, namun warga kemudian menghubungi petugas pemadam kebakaran terdekat. 
 
Api yang mulai berkobar pada pukul 11.49 Wita, Minggu siang ini tidak sempat meluas, setelah pemadam dari pemda dan perusahaan pertambangan tiba di lokasi dan berjibaku memadamkan api. 
 
ER Head PT Trust, Megawati mengatakan bahwa pihaknya menerima informasi terjadi kebakaran di Kecamatan Muara Lawa dan segera mengirim tim reaksi cepat untuk membantu pemadaman api. 
 
“Pada pukul 12.09 kami menerima informasi terjadi kebakaran di Muara Lawa, kemudian langsung menurunkan satu unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil berisi personil ke lokasi kejadian," ujar Megawati. 
 
"Di kawasan tersebut merupakan kawasan padat penduduk, apalagi Kecamatan Muara Lawa hanya memiliki satu unit mobil pemadam kebakaran, sehingga ia segera turun ke lokasi kejadian, Team ER bersama Team TCM dan Team BEK selalu siap dan tanggap untuk membantu masyarakat," katanya lagi. 
 
Ia menjelaskan, pemadam kebakaran hybrid milik PT. Trust memiliki kapasitas air yang cukup besar yakni mencapai 7.000 liter dengan teknologi yang mampu memadamkan api di wilayah penduduk, bahkan untuk mendukung pemadaman kebakaran hutan dan lahan.
 
Selain itu, unit pemadam ini mudah digunakan, bahkan hanya dengan menggunakan remote control pun bisa. 
 
PT. Trust merupakan anak perusahaan dari Indo Tambangraya Megah (ITM) atau ITM Melak Group, memiliki Emergency Response Team (ERT) yang dapat dikerahkan 24 jam untuk membantu dalam kondisi darurat di dalam perusahaan maupun di lingkungan masyarakat. 
 
Sementara PT Trust merupakan salah satu anak perusahaan ITM yang bergerak di bidang mining dan hauling, bekerja di area ITM Group TCM dan PT BEK.
 
Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, penyebab pasti dari kebakaran masih dalam penyelidikan petugas kepolisian
 
“Untuk sementara penyebab  kebakaran  adalah korsleting arus listrik namun untuk penyebab pastinya nanti akan kami lakukan penyelidikan lebih lanjut, tidak ada korban jiwa hanya kerugian material tiga unit rumah,” kata Kapolsek Muara Lawa Ipda Rinto Christianto Simanjuntak di lokasi kejadian.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024