PT Indo Tambangraya Megah (ITM) Group wilayah Melak menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) dan Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur, sebanyak 600 paket dengan total bahan pokok yang disalurkan mencapai 4.200 item. 

"Bantuan ini untuk membantu meringankan beban mereka yang terdampak musibah, antara lain berupa beras, minyak goreng, sarden, telur, gula, mi instan, dan air mineral," kata perwakilan PT ITM Group, Danang Sabto Nugroho dalam rilisnya ke Samarinda, Sabtu.

Berdasarkan catatan ESDM Siaga Bencana dari Kementerian ESDM, dalam penanganan banjir di Mahulu dan Kubar pada Kamis, 23 Mei 2024, PT ITM Tbk Group bersama ESDM Siaga Bencana melakukan pemantauan dan menyalurkan bantuan ke sejumlah lokasi di Kubar dengan tim dibagi dua. 

Sejumlah perusahaan dalam naungan ITM Group tersebut adalah PT Trubaindo Coal Mining (TCM), PT Bharinto Ekatama (BEK), PT Graha Panca Karsa (GPK), PT Tepian Indah Sukses (TIS), PT Tambang Raya Usaha Tama (TRUST), PT Indominco Mandiri (IMM), dan PT Nusa Persada Resources (NPR).

Tim ITM-1 bertugas di Kampung Tering Seberang, Kecamatan Tering, kemudian Tim ITM-2 bertugas di Kampung Long Iram, Kecamatan Long Iram, dan di Kecamatan Melak, ketiganya merupakan wilayah Kubar. 

Tindakan kemanusiaan yang dilakukan adalah Tim ITM-1 berkoordinasi dengan Koordinator Tim ESDM Siaga Bencana Kubar-Mahulu, yakni melakukan serah terima logistik dari PT IMM kepada Bupati Kubar disaksikan pejabat lain BNPB, TNI, polisi, dan unsur lainnya, kemudian melakukan mobilisasi logistik dari lokasi Bunyut ke Posko Lapangan. 

Sementara Tim ITM-2 melakukan distribusi logistik sembako atau kebutuhan pokok ke Kampung Long Iram.

Adapun kebutuhan pokok yang telah didistribusikan oleh Tim ITM-1 adalah air mineral 55 dus, beras 150 kilogram (kg), minyak goreng 120 liter, sarden 100 kaleng, mi instan 40 dus, tikar 40 lembar, terpal 20 lembar, selimut 50 lembar, kebutuhan wanita dan bayi masing-masing 50 dus. 

Kemudian Tim ITM-2 mendistribusikan mi instan 63 dus, beras 310 kg, selimut 21 lembar, tikar 11 lembar, air mineral 44 dus, minyak goreng 8 dus dan 2 bungkus, gula 50 kg, sarden 6 dus, pembalut bayi 25 pack, pembalut wanita 1 dus dan 2 pack, telur 12 rak dengan bantuan berasal dari PT Indominco Mandiri.

Sarana dan prasarana yang digunakan adalah untuk Tim ITM-1 menggunakan LV  5 unit dengan melibatkan rescue 2 orang, paramedis 2 orang, dan tenaga pendukung 8 orang. 
Sedangkan Tim ITM-2 menggunakan LV 6 unit yang melibatkan personel rescue 2 orang, paramedis 1 orang, dan tenaga pendukung sebanyak 8 orang. 

"Bantuan yang kami berikan untuk korban banjir kemarin sebanyak 600 paket, terdiri atas penyaluran ke Kabupaten Mahulu sebanyak 150 paket, kemudian untuk Kabupaten Kubar 450 paket dengan total 4.200 item," ujar Danang. 

Ia melanjutkan, dalam bantuan ini PT IMM juga memberikan bantuan tambahan berupa perlengkapan selimut dan perlengkapan wanita. IMM juga mengirimkan Emergency Respon Team (ERT) atau Tim Tanggap Darurat dan Relawan dari Kota Bontang. 

"Penyaluran kebutuhan pokok ini merupakan hasil koordinasi terkait bantuan lanjutan. Bantuan diserahkan bersama dengan ESDM Siaga Bencana dan anak perusahaan ITM yang tersebar di Kaltim. Bantuan diberikan secara simbolis lewat Pemkab Kubar," tutur Danang.

Hadir dalam seremoni penyerahan bantuan dari ITM Group ini antara lain Hirung dari AMM ITM Melak Group, Yudo Hariyanto selaku Finance and Accounting Head ITM Melak Group, Dwityo selaku HRD Head ITM Melak Group, Alfirmansyah selaku Kepala Teknik Tambang (KTT) GPK, Agustinus selaku ER Head ITM Melak Group.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024