Peristiwa kebakaran melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Gunung Empat, Kelurahan Margomulyo, Balikpapan Barat, Kamis (22/5).

"Kami menerima informasi telah terjadi kebakaran di pemukiman padat penduduk Balikpapan Barat sekitar pukul 10.35 WITA ," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan Usman Ali.

Mayoritas bangunan yang terbuat dari kayu membuat api cepat membesar hingga akhirnya membakar kurang lebih empat bangunan.

Api baru berhasil dipadamkan 1 jam kemudian setelah 8 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan oleh BPBD serta di bantu oleh unsur relawan dan Tim Respons Bencana Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim.

Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Andy Rifai menyampaikan pihaknya menurunkan personel berkemampuan SAR atau tim Respons Bencana untuk membantu  memadamkan api.

“Kami hadir di lokasi, kami harapkan kepada masyarakat untuk tetap tenang, kami (Brimob) dan pemerintah setempat bersama kewilayahan akan membantu masyarakat,” ungkap Kombes Pol Andy Rifai.

“Untuk sementara data yang kami himpun ada empat rumah, mungkin dua habis, dua terdampak, mungkin dapurnya kena dan beberapa bangunan lainnya juga kena, ujarnya.

Sejauh ini belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut, termasuk asal muasal api. Sebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polresta Balikpapan.

“Teman-teman dari kewilayahan yakni Polresta Balikpapan yang akan melakukan penyelidikan lebih lanjut,” ujar Andy Rifai.

Dia menambahkan, tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut, sementara itu untuk total kerugian masih dilakukan inventarisir oleh pihak terkait.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024