Penajam (ANTARA Kaltim) - Kebutuhan sapi di Kabupaten Penajam Paser Utara, menjelang Idul Fitri mencapai 161 ekor.

"Sebelumnya, kebutuhan sapi dalam sebulan hanya sekitar 74 ekor dan menjelang lebaran ini kebutuhan diperkirakan meningkat menjadi 161 ekor," ungkap Kepala bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arief Murdiyanto, Jumat.

Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara kata Arief Murdiyanto telah menyiapkan 1.600 ekor sapi untuk memenuhi kebutuhan warga menjelang Idul Fitri tersebut.

"Kami (Dinas Pertanian dan Peternakan) sudah melakukan perhitungan mengenai kebutuhan daging sapi menjelang lebaran. Termasuk, persediaan di tingkat pedagang dan pengusaha maupun pada tingkat petani dan untuk stok sapi di tingkat petani saat ini mencapai 1.600 ekor sapi," katanya.

"Jumlah stok sapi di tingkat petani ini disesuaikan dengan jumlah populasi yang mencapai 10.680 ekor sapi. Dengan jumlah itu, maka jumlah sapi yang bisa dipotong mencapai 1.600 ekor dan yang kami siapkan adalah sapi jantan yang tidak lagi produktif," ungkap Arief Murdiyanto.

Sapi jantan produktif dan betina serta anak sapi menurut Arief Murdiyanto belum bisa dipotong untuk menjaga populasi sapi.

Selain menyiapkan stok pada tingkat petani lanjut dia, Dinas Pertanian dan PeternakanPenajam paser Utara juga menghitung stok pada tingkat pedagang.

"Ada beberapa pedagang maupun pengusaha yang sering mendatangkan sapi dari luar Penajam Paser Utara. Menurut perhitungan di lapangan, jumlah sapi yang akan didatangkan menjelang lebaran ini mencapai 250 ekor," ujar Arief Murdiyanto.

Dengan jumlah stok yang cukup banyak tersebut tambah Arief Murdiyanto, maka kebutuhan daging sapi menjelang dan pada saat lebaran nanti tercukupi.

Sementara untuk untuk pemotongan sapi kata dia sudah disiapkan rumah pemotongan hewan (RPH) di Desa Girimukti.   (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014