Samarinda (ANTARA Kaltim) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berhasil menghimpin dana Rp62,4 dari pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kota Samarinda.

Ketua Baznas Samarinda Asmuni Ali, Kamis mengatakan, penghimpunan zakat tersebut dilakukan melalui gebyar zakat yang digelar setiap tahun pada bulan Ramadan.

Zakat yang terhimpun tersebut kata Asmuni Ali mengalami sedikit penurunan Rp160 ribu dibanding gebyar zakat yang dilaksanakan tahun sebelumnya (2013).

Padahal menurut Asmuni Ali, terhitung sejak tahun 2011, penghimpunan zakat setiap tahun di lingkungan Pemkot Samarinda selalu meningkat.

Pada 2011 lanjut Asmuni Ali, Baznas berhasil menghimpun zakat dari pegawai Rp35, kemudian pada 2012 meningkat menjadi Rp42 juta dan 2013 sebesar Rp62,6 juta.

"Kendati hasil pengumpulan hari ini sedikit menurun, tetapi berikutnya kami masih tetap menerima zakat dari para pegawai yang ingin berzakat di Baznas Samarinda," ungkap Asmuni Ali.

Sebenarnya, jumlah zakat yang dihimpun dari PNS di lingkungan Pemkot Samarinda lanjut dia bisa lebih besar dari jumlah nominal tahun sebelumnya, jika semua pegawai mau berzakat di Baznas.

"Coba bayangkan kalau saja pejabat eselon II dan III yang jumlahnya berkisar 239 orang setiap tahun mau mengeluarkan zakat Rp500 ribu per orang, maka akan terhimpun Rp220 juta," kata Asmuni Ali.

Belum lagi ditambah pegawai golongan IV yang jumlahnya berkisar 1.000 orang kata dia, jika berzakat Rp100 ribu per orang, akan terhimpun Rp100 juta.

Dengan jumlah tadi, Asmuni Ali memberi jaminan bahwa dana zakat dari pegawai dapat tersalurkan kepada warga yang dianggap berhak untuk menerima.

"Seperti hari ini (Kamis), sebagian kecil dana zakat dan infaq sedekah warga tadi kami berikan berupa santunan kepada 14 tokoh ulama yang sudah uzur maupun yang sakit juga kepada lima orang janda," ujar Asmuni Ali.

Pada gebyar zakat yang dilaksanakan Baznas itu juga, Wali Kota Samarinda H Syaharie Jaang dan Wakil Wali Kota H Nusyirwan Ismail bersama kepala SKPD di lingkungan pemerintah kota menyerahkan zakat fitrah.

Kepada semua pegawai di lingkungan Pemkot Samarinda Syahare Jaang menghimbau agar bisa lebih awal menyalurkan zakat, infaq maupun sedekah (ZIS) melalui BAZNAS.   (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014