Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menggelar Open Road Race Piala Gubernur Kalimantan Timur 2024 di sirkuit non-permanen kawasan GOR Kadrie Oening, Sempaja, Samarinda, Sabtu, untuk membina para pembalap muda lokal menunjukkan kemampuannya.

"Ini tidak hanya menjadi ajang adu kecepatan, tetapi juga sebagai langkah maju dalam mempromosikan balap motor di wilayah Kaltim," ungkap Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Provinsi Kaltim, Muhammad Syirajuddin mewakili Penjabat Gubernur.

Ia menekankan bahwa Open Road Race Piala Gubernur bukan sekadar kompetisi, melainkan wadah pengembangan bakat dan keterampilan para pembalap muda dalam suasana yang sportif.

"Ini adalah kesempatan emas bagi para pembalap untuk mengasah pengalaman dalam lingkungan yang kompetitif," ujarnya.

Lebih lanjut, Syirajuddin mengajak generasi milenial untuk menyalurkan hobi mereka melalui balapan yang resmi dan terorganisir, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi diri sendiri, keluarga, dan daerah.

"Melalui kejuaraan ini, kita berharap dapat menemukan bibit-bibit pembalap unggul yang kelak dapat mengharumkan nama Kalimantan Timur di tingkat nasional maupun internasional," tambahnya.

Syirajuddin memuji panitia yang telah bekerja keras untuk memastikan kegiatan berjalan dengan lancar. Ia mengapresiasi upaya panitia yang telah membuat kejuaraan ini dapat terselenggara dengan baik. Ia berharap kejuaraan ini dapat berjalan aman dan lancar,.

Kepada para peserta, ia berpesan untuk selalu menjunjung tinggi nilai sportifitas dan bermain secara sehat. "Jangan lupa utamakan keselamatan diri serta orang lain," ujarnya.

Pihaknya terus mendukung perkembangan olahraga daerah, salah satunya balap motor. Pemprov Kaltim berkomitmen untuk terus memajukan olahraga di Benua Etam, dan Open Road Race Piala Gubernur ini adalah salah satu buktinya.

"Selamat bertanding, tunjukkan kemampuan terbaik kalian, dan semoga menjadi yang terbaik," kata Syirajuddin.

Untuk jumlah pendaftar Open Road Race Piala Gubernur Kaltim 2024 ini berjumlah 263 pembalap dengan starter sebanyak 358 orang. Kejuaraan ini menggunakan lintas balap sepanjang 1.000 meter dengan lebar 10 meter. Adapun kelas yang dilombakan di antaranya kelas pocket bike dengan rentang usia 10-12 tahun, menggunakan motor MiniGP 50cc.

Sementara untuk kelas dewasa, di antaranya kelas eksibisi sunmory community, nonprestasi, pemula, open dan tambahan. Adapun motor yang digunakan untuk balapan harus berstandar mengacu pada Buku Peraturan Balap Motor Nasional dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) 2024 yakni motor menggunakan mesin karburator dan injeksi, dan ban motor produksi dalam negeri.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024