Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur, mulai mengucurkan insentif bagi 1.954 ketua RT yang ada di daerah itu.

Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang saat menyerahkan insentif kepada Ketua RT di dua kecamatan, Selasa mengatakan, pemberian insentif kepada 1.954 Ketua RT itu akan dilakukan selama empat hari.

Pemberian insentif itu, menurut Syaharie Jaang, sebagai bentuk apresiasi kepada Ketua RT yang merupakan ujung tombak pemerintah yang juga diharapkan bisa memotivasi warganya.

"Baik dalam hal menjaga kebersihan lingkungan berupa kegiatan gotong royong, menjaga keamanan serta membantu penyelenggaraan tugas pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tanggung jawab pemerintah. Jadi, peran Ketua RT ini sangat penting sehingga pemerintah kota memberikan apresiasi berupa pemberian insentif," ungkap Syaharie Jaang.

Pemberian insentif itu diberikan kepada para Ketua RT di dua kecamatan yakni Kecamatan Samarinda Ilir dan Sungai Kunjang.

Tidak hanya itu, terkait dengan tugas lain para Ketua RT juga lanjut Syaharie Jaang memiliki peran aktif untuk membantu penyelenggaraan administrasi bidang kependudukan, kesejahteraan dan keagamaan hingga bidang ekonomi sebagaimana tertuang dalam Perda 22 tahun 2013.

Untuk itu atas peran ketua RT tersebut, kata dia, Pemerintah Kota Samarinda memberikan apresiasi timbal balik dengan mengupayakan peningkatan nilai insentif Rp100.000 per bulan.

"Penambahan nilai insentif ini sudah mendapat persetujuan DPRD dan sudah teralokasi dalam anggaran perubahan, sehingga sudah bisa diterima pada triwulan IV mendatang," ujar Syaharie Jaang.

Wali Kota Samarinda itu juga menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi para Ketua RT yang ikut menjaga keamanan pelaksanaan Pemilihan Presiden 7 Juli 2014.

Sementara Kepala Bagian Pemerintahan Umum Sekretariat Kota Samarinda, Marnabas mengungkapkan, selain insentif tetap para Ketua RT juga mendapatkan tunjangan tambahan penghasilan Rp500.000.

"Sehingga jumlah yang diterima masing-masing Ketua RT adalah Rp1.900.000," ungkap Marnabas.(*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014