Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah pimpin apel pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XXI Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2024 pada Sabtu (11/5) di Lapangan Sepak Bola Desa Kembang Janggut, Kecamatan Kembang Janggut.

“Budaya gotong royong di kalangan masyarakat dan seluruh organisasi atau lembaga yang eksis di Kabupaten Kutai Kartanegara dapat tetap lestari dan menjadi tradisi yang mengakar dalam seluruh sendi kehidupan masyarakat,” katanya .

Ia menyebutkan penyelenggaraan BBGRM merupakan bentuk dukungan dan komitmen seluruh tingkatan Pemerintahan di Kabupaten Kutai Kartanegara mulai dari Pemerintah Kabupaten, Kecamatan, Desa dan Kelurahan dalam mendukung tumbuh dan berkembangnya kegiatan gotong-royong di masyarakat Desa/Kelurahan.

Edi Damansyah menuturkan penyelenggaraan BBGRM juga ditujukan dalam rangka sosialisasi pelaksanaan kegiatan gotong-royong masyarakat, melestarikan nilai-nilai gotong-royong masyarakat, memberikan motivasi kepada masyarakat untuk membangun desa/kelurahan melalui kegiatan gotong royong dan menumbuhkembangkan keswadayaan masyarakat.

Dia menjelaskan berdasarkan  Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 tahun 2005 tentang BBGRM  bahwa negara melalui pemerintahan secara berjenjang mulai dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga Desa dan Kelurahan, memfasilitasi kegiatan gotong royong masyarakat .

Menurutnya kegiatan BBGRM dilaksanakan  selama 1 (satu) bulan penuh dan di Desa/Kelurahan setiap tahun pada bulan Mei.

Pada kesempatan  itu juga di lakukan penyerahan penghargaan kepada 30 desa dengan status Desa mandiri tahun 2023 dan penyerahan penghargaan kepada 20 desa dengan transaksi non tunai  tertinggi pada tahun 2023.

Selain itu juga Edi Damansyah menyerahkan secara simbolis alat kerja Gotong royong kepada Peserta.

Sementara usai pelaksanaan apel, Bupati Edi Damansyah  ikut berpartisipasi gotong royong di Desa Genting Tanah, Kecamatan Kembang Janggut  untuk melakukan penanaman pohon di Kantor Baru Kecamatan Kembang Janggut. (Adv)

 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024