Selama masa perayaan Idul Fitri 1445 Hijriyah, trafik komunikasi seluler menggunakan XL meningkat hingga tujuh persen di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Terutama layanan video melalui media sosial. Itu pun khusus yang kami layani saja,” kata Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa, di Balikpapan, Selasa.

"Video call biar lebih afdol, lihat tampang saudara. lihat wajah bapak-ibu," kata Junaidi, pekerja proyek IKN yang memilih tidak mudik lebaran ini.

Di sisi lain, meski trafik di IKN meningkat, Kalimantan Timur menjadi provinsi yang trafik komunikasi pengguna XL-nya menurun hingga 2 persen. Diyakini demikian sebab Kalimantan Timur adalah daerah perantauan sehingga justru yang ditinggal mudik di masa lebaran lalu.

Pada sisi lain lagi, lanjut Gede Darma, di seluruh Kalimantan trafik layanan XL naik sebesar empat persen dibandingkan dengan hari-hari biasa di luar Ramadhan.

Lonjakan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah di Kalimantan Selatan yang mencapai 40 persen. Diperkirakan peningkatan tersebut sebab banyak warga Hulu Sungai Tengah yang berdiam di kota atau tempat-tempat lain memanfaatkan masa itu untuk mudik, kembali ke Barabai, Birayang, atau kecamatan-kecamatan lain Hulu Sungai Tengah yang ada di lembah Pegunungan Meratus tersebut.

“Kami bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini,” lanjut Gede Darma.   

Ia menuturkan, perusahaan sudah jauh-jauh hari melakukan persiapan layanan tersebut, mulai dari jaringan hingga berbagai langkah antisipasi yang diperlukan jika terjadi gangguan.

Tim jaringan, lanjut Gede Darma, termasuk yang di lapangan, juga bersiaga 24 jam per hari selama masa mudik dan lebaran tersebut.

Caretaker Kalimantan Area XL Axiata, Sarroso Dwi Panggah menambahkan, bahwa kenaikan trafik secara rata-rata di seluruh Kalimantan tersebut sebab meningkatnya pergerakan masyarakat dalam memanfaatkan waktu liburan Lebaran.

“Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan,” kata Sarroso.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024