Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meminta kepada para Ketua Rukun Tetangga (RT) untuk melakukan pendataan terhadap warganya.

“Ini salah satu tugas penting Ketua RT yaitu melakukan pendataan kepada warganya. Data tersebut  sangat penting bagi Pemerintah Kabupaten Kukar untuk merencanakan pembangunan masyarakat,” katanya saat bertemu dengan para Ketua RT se-Tenggarong.

Ia menambahkan khususnya terkait berbagai bantuan baik itu keluarga pra sejahtera, bantuan pendidikan, peningkatan gizi anak, dan sebagainya..

Edi Damansyah  mengatakan selain itu, peran Ketua RT juga penting untuk mensukseskan pesta demokrasi Pemilihan Umum maupun Pemilihan Kepala Daerah, yakni dengan mengajak warganya utntuk menjaga kondusifitas atau mengajak masyarakat berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya.

Menurutnya suksesnya Pemilu di Kukar tak terlepas  dari peran para Ketua RT dalam menjalankan perannya.

Dia kembali mengingatkan pentingnya para Ketua RT memperhatikan anak-anak warganya,  jangan sampai ada yang tidak bersekolah, apalagi karena alasan biaya. Sebab Kukar Idaman telah memberikan berbagai beasiswa, termasuk beasiswa bagi anak yatim piatu dan kurang mampu.

“Tolong didata dengan baik jangan sampai ada anak-anak di Kukar tidak bersekolah hanya karena persoalan biaya,” katanya.

Edi Damansyah  juga berpesan kepada seluruh RT di Kecamatan Tenggarong dan juga seluruh wilayah Kukar, agar dapat membangun sinergitas dengan stakeholders lainnya seperti pemerintah desa, kelurahan, kecamatan, kepolisian, TNI, hingga komunitas-komunitas yang dibentuk secara mandiri oleh masyarakat.

Hal tersebut tujuannya untuk menjalin informasi dan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat untuk dapat disampaikan kepada Pemerintah Daerah.

Dia juga berharap para Ketua RT dapat mengoptimalkan alokasi anggaran 50 juta per RT, sebagai stimulus dalam peningkatan kinerja RT, hingga akhirnya berdampak pada pembangunan lingkungan masyarakat secara keseluruhan.(Adv)

 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024