Arus balik melalui jalur udara dan laut dari Samarinda menuju berbagai daerah di Indonesia pada Ahad ini terpantau normal, yakni sekitar 1.000 penumpang dari Bandara APT Pranoto dan sekitar 1.700 penumpang kapal dari Pelabuhan Samarinda.
 
"Hari ini kami (Polri, TNI, Basarnas) melakukan pemantauan pada dua titik, yakni di Posko Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto dan Posko Pelabuhan Samarinda. Alhamdulillah semua berjalan lancar," ujar Kapolres Samarinda Kombes Pol Ary Fadli di Pelabuhan Samarinda, Ahad.
 
Petugas di masing-masing posko pengamanan tetap siaga sebelum Lebaran hingga hari ini atau sejak posko didirikan. Petugas gabungan bersiaga di posko tersebut baik dari unsur Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, TNI, Polri, dan berbagai unsur lainnya.
 
Pihaknya pun hingga kini tidak mengurangi jumlah personel yang bertugas di masing-masing posko keamanan, karena selain masih cuti bersama juga karena arus balik belum selesai, apalagi Ahad ini baru Lebaran H+4, sedangkan arus balik diprediksi sampai H+7.
 
Untuk petugas yang ditempatkan di tiap posko, sejak awal ia memerintahkan anggota untuk mengutamakan pelayanan kepada masyarakat baik yang mudik, balik, maupun yang berlibur di sejumlah tempat wisata, termasuk terus mengimbau masyarakat selalu menjaga ketertiban, keamanan, dan berhati-hati di jalan.
 
Sedangkan Kabid Keselamatan Berlayar, Penjagaan, dan Patroli pada Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Samarinda Kapten M Ridha R mengatakan, hari ini di Pelabuhan Samarinda ada dua aktivitas, yakni ada yang datang dari Parepare, Sulawesi Selatan, dan ada yang berangkat ke Parepare.
 
"Untuk kapal yang datang dari Parepare adalah KM Queen Soya dengan membawa 972 penumpang, sedangkan kapal yang berangkat ke Parepare adalah KM Prince Soya yang mengangkut 1.725 penumpang," ucap Ridha.
 
Jika melihat dari kapasitas masing-masing kapal, maka jumlah penumpang sebanyak ini tergolong longgar karena masing-masing kapal tersebut berdaya tampung 1.800 penumpang, sedangkan yang terisi di bawah 1.800 orang, sehingga para penumpang lebih leluasa di dalam kapal.
 
"Sebanyak 1.725 penumpang yang berangkat hari ini merupakan sisa arus mudik yang berangkat sebelum Lebaran kemarin, ditambah dengan beberapa arus balik ke Parepare. Alhamdulillah semua berjalan lancar berkat kesigapan petugas ditambah petugas gabungan di posko, termasuk pengantar penumpang berangkat dan penjemput penumpang datang pun sudah kami pisah," kata Ridha.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024