Samarinda (ANTARA Kaltim) - . Dinas Kebudayaan , Pariwisata  dan Kominfo  Disbudpar kominfo) Samarinda terus meningkatkan hubungan dengan mitra binaannya dengan menggelar Coffe Morning   dan pelatihan bersama  insan perhotelan.

Kepala Disparbudkominfo Samarinda HM Faisal menjelaskan, acara  coffe morning sebagai ajang silaturahhmi  sesame insane perhotelan, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) Perhotelan di Hotel Grand Sawit Samarinda.

“apa yang dilakukan ini bertujuan  untuk  meningkatkan jalinan kerjasama, sekaligus meningkatkan  kualitas layanan serta pengembangan hotel di Kota Samarinda,” katanya.

Ia mengatakan  seperti di.hui  bahwa tingkat hunian hotel di Samarinda cukup tinggi, kemudian bermunculan sejumlah hotel baru, tentu perlu dijalin komunikasi, agar setiap permasalahan atau  kendala yang ditemui bisa dicarikan solusinya.

Jadi menurut Faisal  kegiatan tersebut  di samping sebagai wadah silaturahmi, juga  dapat dijadikan sebagai tempat bertukar pengalaman dan mengungkapkan  segala permasalahan tentang perhotelan.

"Kami sebagai perwakilan pemerintah daerah, perlu mendapat masukan dan tahu masalah apa saja yang terjadi. Sehingga  dapat dicarikan soslusi penyelesainnya, sebab  keberadaan hotel  memberikan masukan pada pendapatan asli daerah,” katanya.

Ia mengatakan salah satu peran pemerintah daerah untuk  meningkatkan  kualitas layanan perhotelan  dengan menggelar  pelatihan untuk meningkatkan  SDM  insan perhotelan, terkait upaya peningkatan mutu layanan hotel sebagai penjual  jasa..

Kunci keberhasilan  usaha perhotelan adalah  memberikan layanan, kenyamanan dan keamanan  kepada  penghuni  hotel, sehingga diperlukan  SDM yang berkualitas .

"Nah, kami mencoba menjembatani hal ini, di mana teman-teman dari hotel berbintang bisa mentransfer pengalamannya kepada teman-teman dari hotel melati, sehingga layanan hotel melati terus membaik," ungkapnya.

Sementera itu  Muklis, Marketing Manajer Hotel Grand Sawit yang menjadi tuan rumah dalam pertemuan kali ini menjelaskan, bahwa pertemuan ini merupakan kegiatan kedua kalinya  digelar.

"Kami telah bersepakat menggelar acara tiap  tiga  bulan sekali dan  yang hadir saat ini sekitar 40 orang, pertemuan tadi  berjalan lancar serta  penuh keakraban," katanya (*)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014