Sebanyak 716 orang militer dan 10 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman menerima kenaikan pangkat.

"Kami ucapkan selamat kepada mereka yang memperoleh kenaikan pangkat," kata Pangdam Mayor Jendral TNI Tri Budi Utomo di Balikpapan, Selasa (2/4).

Pangdam memaparkan, kenaikan pangkat itu terdiri dari 6 orang militer pangkat Letnan Kolonel ke pangkat Kolonel, 14 dari pangkat Mayor ke pangkat Letnan Kolonel, 4 orang mendapatkan penghargaan pangkat Mayor, 12 orang dari pangkat Kapten ke pangkat Mayor, dan 3 orang mendapatkan penghargaan kenaikan pangkat Kapten.

Kemudian 1 orang mendapatkan penghargaan naik pangkat Kapten, 71 orang berpangkat Letnan Dua ke pangkat Letnan Satu, 6 orang mendapatkan penghargaan pangkat Letnan Dua, 501 orang Bintara dan 99 orang Tamtama serta 10 orang PNS.

"Kenaikan pangkat ini tidak terlepas dari dukungan istri atau suami sebagai pendamping dalam pelaksanaan tugas," katanya.

Pangdam mengemukakan, kenaikan pangkat di dalam institusi militer diatur dalam suatu pola pembinaan karier prajurit dan ditentukan dengan kriteria yang ketat untuk mempromosikan seorang prajurit maupun PNS.

"Antara lain moralitas, prestasi dan dedikasi yang baik terhadap tugas dan tanggung jawab jabatan serta dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya,

Menurutnya dengan moralitas, prestasi dan dedikasi yang baik, para prajurit dan PNS patut mendapat kepercayaan dan kehormatan dari negara berupa kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula.

"Kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi harus disyukuri dengan melakukan peningkatan kinerja di bidang masing-masing guna mendukung tugas pokok satuan," katanya.

Tri Budi Utomo meminta berikan pengabdian yang terbaik kepada Kodam VI/Mulawarman, agar memberikan makna yang berarti bagi perjalanan karier selama menjalankan tugas pengabdian kepada Bangsa dan Negara.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024