Otorita Ibu Kota Negara (IKN) melakukan upaya memperkuat kedekatan dengan masyarakat di kawasan Kota Nusantara pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, melalui kegiatan buka puasa bersama pada Ramadhan 1445 Hijriah.
 
"Kami ingin tingkatkan silaturahmi antara OIKN dan warga," ujar Direktur Pelayanan Dasar OIKN Suwito di Penajam, Minggu.
 
Ia mengatakan bahwa Ramadhan merupakan bulan penuh hikmah yang dapat meningkatkan persaudaraan, kebersamaan, dan keakraban. OIKN mengadakan buka puasa bersama masyarakat memperkuat jalinan kedekatan.
 
Kegiatan buka puasa bersama diawali di Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, dan bakal dilanjutkan ke desa dan kelurahan lainnya.
 
Buka puasa bersama itu, kata dia, merupakan gagasan Kedeputian Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Direktorat Pelayanan Dasar Otorita OIKN.
 
Buka puasa bersama merupakan sarana untuk memperkuat persaudaraan, kebersamaan, dan keakraban antara OIKN dan masyarakat di kawasan Kota Nusantara.
 
Sejalan dengan tema kegiatan mendekatkan hati menjalin silaturahmi dalam bingkai kebersamaan, menurut Suwito, dan kegiatan silaturahmi bukan dilakukan pada bulan puasa saja.

"Kami terus menjalin kedekatan dengan warga untuk bangun Kota Nusantara yang segera disahkan menjadi pemerintah daerah khusus (pemdasus)," kata Staf Khusus Keamanan dan Keselamatan OIKN Edgar Diponegoro.

Menurut dia, silaturahmi cukup penting ketika pemdasus disahkan pembangunan Kota Nusantara makin lancar dan aman, ditambah lagi dukungan dari masyarakat kawasan ibu kota negara baru Indonesia maupun daerah sekitar.
 
"Kegiatan mempererat kedekatan dengan masyarakat sangat penting untuk pembangunan dan perkembangan ibu kota negara masa depan Indonesia," kata Edgar Diponegoro.
 
Ia mengatakan bahwa buka puasa bersama merupakan awal dari silaturahmi guna memperkuat kedekatan dengan warga dalam persiapan Kota Nusantara.
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024