Penjabat Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, mengundang Staf Khusus Milenial Presiden Billy Mambrasar dan tiga kementerian, yaitu Kementerian Pertanian, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora), serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) guna memperkaya pemikiran, membangun kolaborasi, dan memacu inovasi kepemudaan di daerah yang memiliki Ibu Kota Nusantara (IKN) yang baru.

"Pertemuan ini bertujuan untuk menggali potensi kolaboratif dalam rangka persiapan Indonesia sebagai negara yang akan memiliki ibu kota negara yang baru. Kebersamaan dan sinergi dalam mewujudkan ide-ide strategis untuk kemajuan bangsa adalah penting," kata Akmal Malik di Samarinda, Sabtu.

Untuk itu, katanya, perlu energi baru dan pemikiran segar dari anak-anak muda untuk menghadapi tantangan nasional yang ada. "Dengan adanya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, diharapkan generasi muda dapat memberikan kontribusi yang signifikan," ujar Akmal Malik.

Dalam pertemuan tersebut, katanya, tentu menumbuhkan gagasan-gagasan manajemen strategi nasional yang inovatif, yang nantinya akan diberikan dukungan penuh berupa modal dan pembinaan kepada generasi muda.

Akmal Malik juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menyiapkan diri dalam menyambut perubahan besar yang akan terjadi. "Mari kita dukung generasi muda kita untuk menjadi pemimpin yang luar biasa di masa depan," tutupnya dengan penuh semangat.

Sementara, Staf Khusus Presiden bidang inovasi Billy Mambrasar menegaskan komitmen pemerintah pusat untuk menjadikan provinsi ini sebagai contoh pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

"Kalimantan Timur memiliki indeks pembangunan pemuda yang termasuk tiga besar di tingkat nasional, hal ini menjadi bukti potensi yang dapat dijadikan teladan bagi provinsi lain," ujar Billy.

Ia juga menyoroti pentingnya diversifikasi ekonomi di Kalimantan Timur, dengan tidak hanya bergantung pada sektor pertambangan.

"Kami ingin pemuda-pemudi di sini terlibat dalam sektor-sektor berkelanjutan seperti pertanian, ekonomi kreatif, dan inovasi," tambahnya.

Perwakilan dari tiga kementerian yang dibawa langsung ke Kalimantan Timur adalah langkah nyata pemerintah dalam mendorong inovasi dan kreativitas di daerah.

Dikemukakannya, dalam konteks pemindahan ibu kota negara ke Nusantara, Kalimantan Timur bisa menjadi penyuplai utama kebutuhan pangan, sehingga tidak perlu bergantung dari daerah lain.

"Anak-anak muda Kalimantan Timur harus menjadi pemasok utama makanan, sayur, daging, dan telur ke IKN," tegas Billy.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024