Perum Bulog Cabang Samarinda, Kalimantan Timur, aktif menggelar operasi pasar dan sejenisnya mulai Januari hingga Ramadan 2024 untuk menekan laju inflasi, dan masyarakat bisa mencukupi kebutuhan pokok baik beras, minyak goreng, tepung dan lainnya.
 
"Selain operasi pasar, kegiatan lain untuk menahan laju inflasi yang kami lakukan seperti pasar murah, gerakan pasar murah, dan program lain sesuai nama yang diangkat oleh mitra kerja Bulog," ujar Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Samarinda Maradona Singal di Samarinda, Rabu.
 
Sampai hari ini, lanjutnya, sudah ada 12 agenda yang dilakukan secara rutin hingga Ramadan mendatang maupun yang bersifat insidentil, namun untuk berapa hari maupun beberapa bulan ke depan, tidak menutup kemungkinan ada tambahan kegiatan serupa.
 
Sedangkan 12 kegiatan yang telah dan sedang berjalan tersebut adalah operasi pasar di kawasan Car Free Day (CFD) Tenggarong, Kutai Kartanegara, yang digelar tiap akhir pekan sejak 7 Januari hingga kini.
 
Kemudian operasi pasar di kawasan CFD Kota Samarinda tiap akhir pekan, digelar sejak 18 Februari hingga kini, Pasar Murah AMPI di Samarinda pada 20 dan 28 Januari.
 
Lantas pasar murah oleh Dinas Perdagangan Kota Samarinda yang dimulai sejak 1 Februari hingga kini, pasar murah oleh Dinas Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kalimantan Timur digelar sejak 2 Maret hingga saat ini.
 
Ada pula Gerakan Pasar Murah (GPM) di Kutai Kartanegara sejak 1 Februari hingga kini, kemudian GPM di Kabupaten Kutai Barat juga sejak 1 Maret hingga kini.
 
Berikutnya adalah pasar murah dari binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bontang sejak 7 Januari hingga kini, pasar murah oleh Perusda Varia Niaga Samarinda sejak 7 Januari hingga kini.
 
Pasar murah oleh Perusda MGRM Kutai Kartanegara sejak 7 Januari hingga kini, pasar murah oleh Perusda MBS Provinsi Kalimantan Timur sejak 1 Maret hingga sekarang, dan pasar murah oleh Sapi Sutha binaan Disperindagkop Kaltim Kalimantan Timur sejak 1 Februari hingga kini.
 
"Dalam kerja sama berbagai kegiatan ini kami menyediakan beberapa kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, dan tepung. Namun dari pihak penyelenggara juga biasanya menyediakan pangan olahan maupun bahan pokok hasil pertanian lokal," kata Maradona.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024