Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kutai Kartanegara, menggelar berbagai lomba terkait seni dan budaya daerah sebagai upaya memeriahkan  Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival (EIFAF) yang berlangsung 15-22 Juni 2014.
     
Kepala Disbudpar Kutai Kartanegara Sri Wahyuni, Sabtu mengatakan, lomba yang dilaksanakan tersebut yakni, tari Jepen Kreasi tingkat SMP dan SMA, seni tulis dan membaca Tarsul, lomba "Ngapeh" atau ngerumpi berbahasa Kutai serta lomba musik Tingkilan tradisional. 
     
"Lomba tersebut akan dilaksanakan di Panggung Utama Pinggir Turap Mahakam depan sekretariat Gerbang Raja, Kota Tenggarong. Kegiatan ini untuk melestarikan warisan budaya, guna mendukung dan mengangkat potensi wisata khususnya di bidang Seni Budaya," ungkap Sri Wahyuni.
     
Peserta lomba tersebut kata Sri Wahyuni, terdiri dari group atau perorangan yang mewakili masing-masing kecamatan. 
     
"Lomba tari Jepen Kreasi diperuntukkan bagi pelajar tingkat SMP dan SMA se-Kutai Kartanegara. Untuk lomba Seni Tulis dan Baca Tarsul dan lomba Ngapeh, setiap kecamatan diwakili maksimal tiga orang, sedangkan peserta lomba Tingkilan Tradisi terbuka untuk umum," kata Sri Wahyuni.
     
Pemenang atau juara dari masing-masing lomba tersebut akan diberikan penghargaan yaitu piagam dan uang pembinaan.
     
Pendaftaran kata dia dapat dilakukan sampai 11 Juni 2014, di Sekretariat EIFAF 2014 di Planetarium Jagad Raya Jalan P Diponegoro, Tenggarong, setiap hari kerja pukul 09.00 - 14.00 Wita. 
     
"Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini dapat langsung ke sekretraiat pendaftaran atau menghubungi panitia atas nama Mashuri di nomor ponsel 085346440003," katanya.
     
"Partisipasi dari Kecamatan untuk dapat mengikuti lomba ini sangat diharapkan, dalam upaya turut serta menjaga dan melestarikan warisan budaya," ujar Sri Wahyuni.   (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014