Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Samarinda, Kalimantan Timut, menyatakan kesiapannya untuk memperketat pengawasan pada masa tenang pemilihan umum (pemilu) 2024.

Ketua Bawaslu Samarinda Abdul Muin di Samarinda, Kamis, mengatakan pihaknya akan melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) mulai pukul 00.00 Wita hari pertama masa tenang yang berlangsung 11-13 Februari mendatang.

"Penertiban alat peraga kampanye (APK) akan dilakukan serentak di seluruh kecamatan di Kota Samarinda," ujarnya.

Dia mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dan bergerak bersama dengan tim gabungan dari Satpol PP, Polri, TNI, dan KPU untuk menertibkan APK yang masih terpasang di tempat-tempat umum.

Bawaslu Samarinda juga akan melakukan patroli pengawasan pada masa tenang untuk memastikan tidak ada kegiatan kampanye yang dilakukan oleh peserta pemilu atau tim suksesnya.

"Kami sudah membuat surat himbauan kepada semua peserta pemilu agar tidak melakukan kegiatan kampanye pada masa tenang. Jika ada yang melanggar, itu bisa pidana. Kami juga mengimbau masyarakat untuk melaporkan jika ada temuan pelanggaran," kata Muin.

Ia mengatakan Bawaslu Samarinda juga akan berkoordinasi dengan Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur untuk menyampaikan kesiapan dan persiapan pengawasan Pilkada 2024.

Ia berharap pilkada Samarinda bisa berjalan lancar, aman, dan demokratis.

"Kami tetap melakukan tugas pengawasan secara maksimal. Kami juga mengapresiasi peran pers dalam memantau dan menginformasikan kegiatan terkait pemilu kepada masyarakat. Kami berharap, kerja sama antara Bawaslu dan pers bisa terus terjalin," tutur Muin.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024